icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Penerapan Employer Branding untuk Menarik Kandidat
Siker.id | 23 Sep 2022 15:10


Bagikan ke
Penerapan employer branding untuk menarik kandidat (siker)

siker.id – Bila kalian seorang pekerja, kalian harus tahu apa itu employer branding. Memangnya apa itu employer branding?

Dilansir dari Hubspot, employer branding merupakan suatu proses untuk mengelola perusahaan hingga mempunyai sebuah reputasi dan citra yang baik. Dengan kata lain, employer branding merupakan cara suatu perusahaan untuk memasarkan perusahannya kepada para pencari kerja.

Semakin bagus suatu perusahaan melakukan branding untuk perusahaan, semakin besar kemungkinan kandidat karyawan yang tertarik dengan perusahaan tersebut.

Lantas, bagaimana cara menerapkan employer branding untuk menarik kandidat perusahaan? Begini penjelasannya!

Baca Juga: Begini 5 Tips Membentuk Personal Branding

Media Sosial

Pertama adalah dengan menggunakan media sosial. Tidak heran lagi jika media sosial memiliki peranan besar dalam kehidupan. Hal ini juga berlaku untuk branding suatu perusahaan.

Tidak mengejutkan bahwa sebagian besar dari para pencari kerja menggunakan media sosial untuk mencari sebuah lowongan kerja. Bahkan, sebagian dari orang yang sudah bekerja di perusahaan juga mendapatkan pekerjaanya melalui media sosial.

Employee Advocacy

Kedua adalah employee advocacy. Branding untuk suatu perusahaan juga bisa diterapkan melalui karyawan yang sedang bekerja di perusahaan. Biasanya, calon karyawan juga akan menilai suatu perusahaan dari kesejahteraan para karyawannya.

Semakin karyawan yang bekerja di perusahaan terlihat sejahtera, semakin besar ketertarikan calon karyawan terhadap perusahaan tersebut.

Baca Juga: 4 Tahapan Penerapan IMC dalam Branding

Application Experience

Ketiga adalah application experience. Pengalaman dalam melamar ke suatu perusahaan juga harus dipertimbangkan untuk menarik kandidat karyawan. Sebagian kandidat memilih mundur untuk mengirim lamaran karena merasa rumit dalam mengisi lamaran pekerjaan online di perusahaan.

Situs Karier

Selanjutnya adalah menggunakan situs karier. Situs karier suatu perusahaan merupakan jalan utama yang bisa digunakan untuk employer branding. Dari situs karier ini, kandidat karyawan bisa mengenal lebih lengkap tentang perusahaan.

Untuk itu, sebaiknya pilihlah sebuah situs yang mudah untuk dijelajahi. Dikarenakan kandidat karyawan bisa menilai perusahaan dari situs karier, maka berikanlah informasi yang menarik dan jelas sehingga calon karyawan bisa tertarik.

Nah, itu tadi 4 Penerapan Employer Branding untuk Menarik Kandidat yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Manfaat Personal Branding Dalam Membangun Bisnis


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar