Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Membangun Personal Branding di LinkedIn!
Siker.id | 28 Sep 2022 16:30


Bagikan ke
Tips membangun personal branding di linkedin (siker)

siker.id – Kini, melalui platform media sosial LinkedIn kita bisa membangun personal branding. Sebagai contoh ketika kamu ingin melamar pekerjaan di LinkedIn, kamu bisa mencari lowongan kerja di platform tersebut. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak jejaring pertemanan termasuk para HRD perusahaan yang bisa kamu tanyai tentang lowongan kerja yang mungkin sedang dibuka.

Nah, untuk itu kamu perlu membangun personal branding terlebih dahulu. Lantas bagaimana caranya? Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Penerapan Employer Branding untuk Menarik Kandidat

Mengoptimalkan Profil LinkedIn

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengoptimalkan profil linkedin. Profil adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan bila ingin membangun personal branding di LinkedIn.

Isilah profil dengan lengkap, termasuk melengkapi foto profil yang sesuai, summary yang menarik, menambahkan riwayat pengalaman kerja yang jelas, hingga menyertakan portofolio yang menunjang.

Gunakan kata kunci yang sesuai dengan target personal branding yang kamu inginkan pada profil LinkedIn kamu.

Bergabung dengan Grup LinkedIn

Tips kedua adalah bergabung dengan grup LinkedIn. Bergabung dan berpartisipasi dalam grup yang ada di LinkedIn juga dapat membantu kamu membangun personal branding.

Kamu akan lebih mudah bertemu dan terlibat pada diskusi dengan orang-orang dari industri dan minat yang sama. Dengan begitu selain dapat memperluas jaringan di LinkedIn, kamu dapat menonjolkan profilmu di antara orang-orang di industri yang serupa.

Baca Juga: Begini 5 Tips Membentuk Personal Branding

Posting secara Teratur

Tips ketiga adalah memposting secara teratur. Membangun personal branding di media sosial seperti LinkedIn bukanlah proses yang cukup terjadi dalam satu malam. Butuh proses dan konsistensi agar kamu tetap berada di top of mind orang-orang.

Itu sebabnya usahakan untuk selalu teratur menyebarkan konten pada akun LinkedIn. Kamu bisa membagikan konten tersebut dalam dua tipe format yakni status pendek dan publikasi yang lebih panjang.

Berinteraksi

Tips yang tak kalah penting adalah berinteraksi. Tidak hanya dengan menyebarkan konten, kamu dapat membangun personal branding dengan terlibat dengan pengguna lainnya. Itu sebabnya alangkah lebih baik bila kamu menunjukkan interaksi pada profil LinkedIn.

Balaslah komentar yang ada pada konten yang telah kamu sebarkan. Begitu pun sebaliknya, kamu juga bisa menanggapi konten-konten relevan yang disebarkan oleh rekan-rekan dalam jaringan LinkedIn kamu.

Dengan adanya interaksi pada akun LinkedIn, secara tidak langsung profilmu juga akan semakin terlihat dan memengaruhi personal brand kamu.

Nah, itu tadi 4 Tips Membangun Personal Branding di LinkedIn yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tahapan Penerapan IMC dalam Branding


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar