Begini 5 Tips Membentuk Personal Branding
Siker.id | 14 Sep 2022 16:03


Bagikan ke
Tips membentuk personal branding (siker)

siker.id – Kamu pasti tahu kan siapa Deddy Cobuzier? Atau Najwa Shihab yang sering muncul di televisi? Nah, mereka merupakan publik figure yang telah malang melintang di media pemberitaan. Untuk bisa dikenal banyak orang seperti sekarang ini, mereka membranding dirinya sendiri sesuai dengan profesi yang mereka jalani. Hal ini tentu berkaitan dengan personal branding. Apa itu personal branding?

Personal branding merupakan sebuah strategi untuk membentuk citra diri sendiri sehingga masyarakat atau orang lain dapat menilainya dari prestasi dan pencapaian yang dimiliki. Farco Siswiyanto Raharjo dalam buku The Master Book of Personal Branding menyatakan bahwa arti personal branding adalah cara seseorang mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut.

Nah, bila kamu ingin memiliki personal branding yang baik, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Tahapan Penerapan IMC dalam Branding

Tentukan Tujuan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan tujuanmu terlebih dahulu. Menentukan tujuan yang jelas adalah cara membangun citra diri. Setelah berhasil menemukan kelebihan dan keunikan diri sendiri, kamu perlu menentukan tujuan yang hendak dicapai.

Seperti apa kamu ingin dilihat oleh orang lain nantinya? Sebagai seorang yang dapat dipercaya dalam segala hal, sebagai seorang expert dalam bidangmu, atau yang lain?

Tentukan dan Cari Ciri Khas

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menentukan dan mencari ciri khasmu sendiri. Cari pembeda dirimu dengan orang lain sebab di luar sana tentu ada banyak desainer grafis, psikolog, penulis dan lain-lain.

Tentu, kamu harus konsisten memperkenalkan diri dengan ciri khas tersebut secara terus menerus hingga orang mengingatmu dengan mudah.

Jaga Konsistensi

Tips selanjutnya adalah menjaga konsistensi. Membangun personal branding artinya kamu ingin orang lain mengenalmu sebagai pribadi yang unik. Untuk bisa mewujudkannya, kamu perlu membangun kepercayaan publik dengan cara bersikap konsisten dalam menunjukkan citra diri tersebut.

Baca Juga: 3 Manfaat Personal Branding Dalam Membangun Bisnis

Perluas Jaringanmu

Tips yang juga penting ialah memperluar jaringanmu. Saat kamu mengembangkan personal branding yang ideal, penting untuk membangun jaringan secara teratur dan efektif untuk mengembangkan lingkaran profesionalmu. Terhubung dengan rekan kerja dan pemikir industri dengan pergi ke acara jaringan formal dan informal adalah langkah terbaik.

Semakin banyak koneksi yang kamu buat akan semakin banyak nilai yang dapat kamu berikan dalam interaksimu semakin besar pula kemungkinan personal brandingmu akan dikenali.

Mintalah Rekomendasi

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah dengan meminta rekomendasi. Mempunyai kolega dan manajer saat ini dan sebelumnya yang mendukungmu adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menentukan personal brandingmu, memungkinkan orang lain untuk mengomunikasikan nilaimu.

Sama seperti bisnis yang dapat mengembangkan ulasan dan testimonial pelanggan untuk digunakan dalam jaminan penjualan dan pemasaran, kamu juga harus mengembangkan ulasanmu sendiri dalam bentuk rekomendasi.

Nah, itu tadi 5 Tips Membentuk Personal Branding yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Manfaat Personal Branding di Tempat Kerja


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar