Kamu Harus Tahu Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Ini!
Siker.id | 18 Jul 2022 15:25


Bagikan ke
Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (siker)

siker.id – Dalam perusahaan, tentu ada bagian sumber daya manusia untuk mengelola karyawan. Pengertian manajemen sumber daya manusia sendiri adalah upaya perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki, dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Target perusahaan, jadi tujuan utama semua pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan.

Meski demikian, manajemen SDM kekinian tak lagi hanya berfokus pada pemenuhan target perusahaan saja, namun juga memikirkan bagaimana perkembangan dari setiap talent yang dimiliki perusahaan. Hal ini bergeser karena talent kini tak hanya berperan sebagai ‘mesin’ saja, tapi juga sebagai aset yang dimiliki perusahaan.

Selain itu, kamu harus paham fungsi manajemen sumber daya manusia di bawah ini, ya sobat siker!

Baca Juga: 4 Macam Sistem Informasi Manajemen

Rekrutmen dan Retensi

Dengan adanya manajemen SDM, perusahaan dapat memperoleh manfaat terkait rekrutmen dan retensi karyawan. Di antaranya yakni, dapat merekrut karyawan yang memenuhi syarat, dan mempertahankan mereka di perusahaan.

Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat memberi karyawannya gaji, kompensasi, dan tunjangan kepada karyawan juga akan lebih adil serta sesuai dengan keahlian dan kualitas kerja.

Pembinaan Hubungan Baik

Manfaat lain dari adanya departemen SDM adalah perusahaan dapat memastikan tumbuhnya hubungan kerja yang baik antar karyawan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mengadakan rapat, seminar, dan pertemuan resmi lainnya terkait pengembangan SDM.

Departemen ini juga membantu ketika menyusun rencana pemasaran dan bisnis. Selain itu, manajemen SDM menerapkan dan mengembangkan sistem SDM yang tepat untuk perusahaan. Perlu kamu ingat bahwa setiap perusahaan membutuhkan sistem manajemen sumber daya manusia perusahaan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan jenisnya.

Manajemen Konflik

Akan ada saat-saat di mana mungkin timbul konflik antara karyawan dan atasan di sebuah perusahaan. Tidak ada seorang pun yang dapat menghindari terjadinya konflik, terutama di tempat kerja.

Meski demikian, tim manajemen SDM akan berperan sebagai mediator atau konselor untuk memilah perbedaan-perbedaan ini secara efektif. Mereka mampu mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan tidak ada konflik yang lepas kendali.

Baca Juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

Pelatihan dan Pengembangan

Perusahaan dapat melatih karyawannya serta mengembangkan melalui prosedur formal maupun informal. Prosedur formal bisa dilakukan dengan pengenalan jabatan baru atau sebagai alat untuk mengikuti perubahan secara teknologis. Sedangkan prosedur informal bisa berlangsung di tempat kerja dan diadministrasikan oleh karyawan yang senior.

Pada proses ini artinya, bidang sumber daya manusia dapat memberikan kursus, pelatihan, workshop serta mengkoordinir peluang-peluang di perusahaan dengan perencanaan karir karyawan atau pegawai. Pelatihan dan pengembangan ini meliputi kegiatan-kegiatan seperti perancangan serta penerapan program-program pelatihan beserta program evaluasinya.

Pelatihan dan Pengembangan

Perusahaan dapat melatih karyawannya serta mengembangkan melalui prosedur formal maupun informal. Prosedur formal bisa dilakukan dengan pengenalan jabatan baru atau sebagai alat untuk mengikuti perubahan secara teknologis. Sedangkan prosedur informal bisa berlangsung di tempat kerja dan diadministrasikan oleh karyawan yang senior.

Pada proses ini artinya, bidang sumber daya manusia dapat memberikan pelatihan, kursus, workshop serta mengkoordinir peluang-peluang di perusahaan dengan perencanaan karir karyawan atau pegawai. Pelatihan dan pengembangan ini meliputi kegiatan-kegiatan seperti perancangan serta penerapan program-program pelatihan beserta program evaluasinya.

Nah itu tadi, Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Fungsi Manajemen Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar