4 Macam Sistem Informasi Manajemen
Siker.id | 11 Jul 2022 13:10


Bagikan ke
Macam-macam Sistem Informasi Manajemen (siker)

siker.id – Untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis termasuk aktivitas operasional, perusahaan membutuhkan suatu sistem yang dapat mengakomodasi hal tersebut. Sistem yang dapat melakukan itu dinamakan sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen atau disingkat SIM adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi, serta prosedur dalam akuntansi manajemen.

Tujuannya adalah mmberikan solusi dari beragam masalah dalam bisnis yang meliputi biaya produk, layanan, serta strategi bisnis. Keseluruhan sistem ini digunakan dalam rangka menganalisis sistem informasi yang lain pada penerapan aktivitas operasional suatu organisasi.

Kamu perlu tahu macam-macam sistem informasi manajemen di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

ERP (Enterprise Resource Planning)

Suatu model sistem informasi yang memungkinkan perusahaan untuk meng-otomasi dan meng-integrasikan proses-proses bisnis utamanya. Sistem ini memecah kebuntuan berbagai hambatan fungsional tradisional dalam organisasi dengan cara mem-fasilitasi sharing/berbagai data, berbagai aliran informasi, dan mengenalkan/menyalurkan praktik-praktik bisnis yang umum diantara semua pengguna dalam organisasi.

SCM (Supply Chain Management)

SCM adalah suatu sistem pengelolaan dan juga pengawasan rantai siklus mulai dari bahan material atau barang mentah, pembayaran, informasi dari pemasok ke produsen, pedagang grosir pengecek hingga dengan konsumen. Biasanya sistem ini menjadi satu dengan sistem pembukuan perusahaan pada software akuntansi.

Baca Juga: Sistem Kerja WFA Permanen Diterapkan 4 Perusahaan Ini

OAS (Office Automation System)

Office Automation System ialah penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi baik formal maupun informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Sistem ini terkadang disebut juga dengan otomatisasi kantor atau dapat dikatakan suatu usaha yang dilakukan untuk pengotomatisasi kegiatan yang ada di kantor. Tujuan akhir dari sistem ini adalah untuk mengurangi penggunaan kertas (paperless), peningkatan kecepatan, ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja.

ES (Expert System)

Expert System merupakan bagian dari AI (Artificial Intelligence) yang dikembangkan pada tahun 1970 Expert Sistem sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk memecahkan masalah yang kompleks dan memberikan kemampuan pengambilan keputusan seperti seorang ahli manusia.

Sistem ini membantu dalam pengambilan keputusan untuk masalah kompleks menggunakan fakta dan heuristik seperti ahli manusia.

Disebut demikian karena berisi pengetahuan ahli dari domain tertentu dan dapat memecahkan masalah kompleks dari domain tertentu. Sistem ini dirancang untuk domain tertentu, seperti kedokteran, sains, dan yang lainnya.

Salah satu contoh umum ES adalah saran kesalahan ejaan saat mengetik di kotak pencarian Google dan sistem jadwal mekanik.

Nah, itu tadi 4 Macam Sistem Informasi Manajemen yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Fungsi Manajemen Ini!

 

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar