4 Manfaat Employee Gathering Bagi Perusahaan
Siker.id | 20 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Gathering diartikan sebagai sebuah kegiatan kumpul bersama yang ditujukan untuk perusahaan (employee gathering) atau keluarga (family gathering) yang dikemas ke dalam acara rekreasi, dilakukan dengan suasana yang menyenangkan dan disisipkan dengan beberapa bentuk games. Employee gathering ini adalah hal yang sudah umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah mapan.

Employee gathering ini pastinya aktivitas yang sangat menyenangkan, bahkan sangat banyak manfaatnya terutama untuk para karyawan perusahaan tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari employe gathering bagi perusahaan.

Baca juga : 3 Manfaat Personal Branding di Tempat Kerja

1. Bisa Menjadi Ajang Refreshing Bagi Karyawan

Manfaat yang pertama adalah bisa dijadikan sebagai ajang refreshing karyawan. Sehingga sepulangnya dari kegiatan, pikiran kembali tenang dan siap untuk kembali beraktivitas di perusahaan. Jika kondisi karyawan sudah semacam ini, tentu pemilik perusahaan ikut merasakan manfaatnya. Karena mereka bekerja lebih fokus dan menjadi semangat sehingga minim kesalahan dan juga lebih produktif dalam bekerja.

2. Terbangun Teamwork Yang Solid

Di dalam acara gathering perusahaan, outing, outbound dan semacamnya, pasti disisipkan permainan-permainan kolektif atau antar regu. Karena hal itulah, acara kumpul-kumpul antar karyawan ini ternyata bisa meningkatkan kekompakan tim. Minimal, konflik antar karyawan yang terjadi di tahun yang sudah berjalan, bisa dicairkan dan didamaikan kembali.

Tentunya ini bagus untuk si karyawan dan juga perusahaan. Karena sekat kebencian di antara mereka bisa hilang. Sehingga kekompakan lebih terawat. Sedangkan bagi perusahaan, soliditas ini bisa menjadi pemicu peningkatan produksi. Karena pekerjaan yang rumit bisa diselesaikan akibat teamwork karyawan yang baik.

Baca juga : 3 Manfaat Punya Bisnis Sampingan

3. Menemukan Ide Dan Inspirasi Baru

Sejatinya, di dalam perusahaan ada yang namanya evaluasi dan urun saran. Namun, terkadang dari forum formal tersebut tidak muncul ide-ide yang bagus akibat suasana yang membosankan. Nah, manfaat gathering perusahaan di akhir tahun yang ketiga adalah, mungkin bisa menemukan ide fresh yang bagus untuk perusahaan.

Ini bisa saja terjadi, karena suasana diskusinya lebih terbuka dan bersifat kekeluargaan. Apalagi, jika desain gathering perusahaan yang dipilih adalah destinasi wisata alam yang sejuk, pasti diskusi antar karyawan lebih cair dan nyaman. Bukan tidak mungkin, sepulang dari acara, berbagai ide luar biasa berhasil diserap oleh mereka.

4. Meningkatkan Keakraban Lintas Jabatan

Tidak dimungkiri, yang namanya karyawan pasti sungkan kepada supervisor-nya. Sedangkan si supervisor pasti sungkan kepada CEO. Ini sudah menjadi fenomena lumrah di perusahaan. Maka, dengan adanya kegiatan gathering, diharapkan tidak ada lagi sekat-sekat kepangkatan tersebut. Sehingga yang muncul adalah keakraban lintas jabatan.

Efeknya ketika kembali masuk kerja, adalah hubungan antara atasan dengan bawahan kembali baik. Kami pikir, ini merupakan peristiwa yang pasti membuat suasana kerja lebih harmonis dan akrab.

Itulah dia beberapa manfaat dari adanya kegiatan employee gathering bagi perusahaan, selain itu employee gathering juga bermanfaat meningkatkan produktivitas kerja dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan seseorang, lho.

Demikian artikel ini, semoga membantu ya! Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Manfaat Pulang Kerja On Time


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar