icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Jurusan Agronomi Holtikultura, Baca ini Yuk
Siker.id | 22 Nov 2021 16:15


Bagikan ke

siker.id - Diprogram studi Agronomi dan Hortikultura atau disingkat Agrohort, para mahasiswa belajar banyak tentang proses dan teknik pengelolaan tanaman pertanian mulai dari pengolahan tanah, penanaman benih, pemupukan, penanganan hama dan penyakit tanaman, sampai saat siap di panen. Nggak cuma mempelajari tentang pertanian tapi juga tentang pelestarian lingkungan. Agronomi adalah ilmu yang mempelajari pengelolaan tanaman pertanian di lapangan, kebun, sawah, agar dapat meningkatkan jumlah panen dengan kualitas yang baik. Sedangkan hortikultura mempelajari pembudidayaan tanaman dengan lebih berfokus pada perawatan yang intensif.

Banyak yang masih belum tahu karir dari jurusan kuliah ini. Padahal, jika Kamu mau terjun ke bidang yang linier, ada banyak kesempatan yang bisa Kamu pilih. Selain kesempatan yang terbuka lebar, karir di bidang pertanian juga tidak akan lekang ditelan zaman karena manusia akan selalu membutuhkan makan selama hidupnya. Jadi, selama masih ada manusia di bumi, selama itu pula bidang pertanian akan terus dibutuhkan.

Baca juga: Berikut Olah Raga Ringan yang Bisa Dipraktekkan di Kantor

Apakah Kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Jika tertarik, Kamu harus tahu prospek kerjanya terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 10 peluang atau prospek kerja agronomi lengkap

1. Ahli Konservasi Tanah dan Air

Berikutnya, Kamu bisa memilih berkarir sebagai ahli konservasi tanah dan air. Tugas Kamu adalah memastikan tanah dan air tetap dapat lestari. Profesi ini sangat cocok untuk Kamu yang peduli dengan kelestarian lingkungan. Lingkungan yang lestari akan membuat perkebunan dan pertanian juga lestari sehingga ketahanan pangan terjaga.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Lulusan agronomi dapat bekerja sebagai pendamping masyarakat dengan melakukan penggambungan atau dengan mendirikan lembaga swadaya masyarakat. Pendamping dapat menjadi seorang yang memberikan penyuluhan tentang bagaimana upaya peningkatan hasil produksi atau pengolahan hasil pertanian menjadi produk yang lebih bernilai atau berarti.

Pendanaan LSM dapat berasal dari dalam negeri/lokal seperti dana perusahaan besar, bank, atau dari lembaga-lembaga donor luar negeri.

3. Bioteknologi Tanaman

Dibidang ini banyak mempelajari mengenai bagaimanaah sel-sel tumbuhan terbentuk yang warnanya hijau dan tidak jelas bentuknya yang akan dilakukan rekayasa genetika dan akan tumbuh menjadi tanaman baru yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Dan kita akan mempelaari bagaimana cara melakukan Kultur jaringan tanaman, yang tujuannya adalah menjadi jalan untuk perbaikan kualitas, kuantitas, dan produktivitas tanaman dengan menggunakan bahan tanam, peralatan dan teknologi yang canggih untuk mewujudkan yang menjadi harapan.

Baca juga: 10 Ciri Karyawan yang Disukai Atasan

4. Ekofisiologi Tanaman

Disini fokusnya adalah memanipulasi lingkungan yang tidak sesuai untuk pertumbuhan tanaman, menjadikan lingkungan sesuai. Misalnya kita menanam di area yang suhunya tinggi contohnya adalah di jakarta, namun tanaman kita tidak dapat berbunga apabila lingkungannya bersuhu tinggi.

Maka apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya supaya tanaman itu dapat berbunga pada kondisi yang tidak sesuai, maka langkah yang harus dilakukan yaitu kita membuat dan manipulasi kondisi agar sesuai.

5. Karyawan Perusahaan Perkebunan

Yang ketujuh, Kamu yang tertarik dengan industri perkebunan bisa memilih karir untuk menjadi karyawan perusahaan perkebunan. Kamu bisa bekerja di perusahaan perkebunan sawit, teh, dan lainnya. Jika Kamu memilih bekerja di perusahaan perkebunan, Kamu harus siap untuk ditempatkan di ladang perkebunan. Bukan di kantor ber-AC seperti kebanyakan pegawai kantoran lainnya

Nah, itulah tadi beragam pilihan yang menjadi gambaran akan peluang kerja jurusan agronomi dan holtikultura. Semoga saja hadirnya artikel ini bisa menjadi referensi bagi segenap pembaca yang sedang berminat mengambil program studi ini. Terima Kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjadi Atasan Yang Baik

 


Editor: Bagus -

     

Komentar