icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Olah Raga Ringan yang Bisa Dipraktekkan di Kantor
Siker.id | 20 Nov 2021 11:30


Bagikan ke
Beberapa macam olahraga ringan ini bisa Anda praktekkan di Kantor. (siker)

siker.id - Bagi pekerja kantor, meluangkan waktu untuk olahraga tidaklah mudah. Saat pagi hari, sudah terlalu sibuk untuk mempersiapkan diri ke kantor. Mau olahraga setelah jam kerja, badan sudah terlalu lelah. Padahal duduk seharian di kantor tidak baik untuk kesehatan. Rutinitas tersebut bisa membuat otot kamu tegang, sakit di area pergelangan tangan, leher, bahkan mata karena terlalu sering melihat layar komputer. Berikut ini beberapa olahraga ringan yang mungkin bisa Anda coba!

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?

1. Beban Tubuh

Beban tubuh merupakan olahraga ringan di kantor yang bisa Anda coba. Caranya sederhana kok, seperti melakukan push up, tetapi menggunakan tumpuan meja kerja. Tempatkan tangan di tepi meja, melebarkan bahu, dan posisikan kaki di belakang. Lalu, dorong dengan kekuatan dan lakukan sebanyak yang Anda bisa. Selain desk push up, ada pula olahraga beban tubuh lainnya yang bisa kamu coba, seperti push up, sit up, jumping jack agar tubuh tetap aktif bergerak.

2. Squat

Squat juga bisa Anda pilih sebagai olahraga ringan di kantor. Kamu bisa melakukannya di atas kursi kantor dengan gerakan duduk-berdiri yang dilakukan secara berulang. Pastikan agar kursi kerjamu tidak bergerak terlebih dahulu agar olahragam tidak terganggu. Selain squat, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan squat-lunge. Lunge sendiri merupakan gerakan menekuk lutut ke depan, sementara kaki lainnya di posisikan di belakang. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan duduk-berdiri-lunge. Gerakan sederhana ini sudah cukup melatih otot kaki.

3. Chair Dips

Olahraga ringan di kantor ini menitikberatkan pada otot-otot bahu, trisep, dan paha. Posisikan kaki di depan, lalu letakkan tangan pada tepi kursi atau meja (badan mengarah arah berlawan). Kemudian, angkat tubuh ke bawah dan ke atas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali repetisi.

4. Gerakan Mengangkat Bahu

Gerakan ini berguna untuk melemaskan otot bahu yang tegang karena terlalu banyak bekerja. Caranya, duduklah dalam posisi tegap. Angkat bahu Anda hingga setinggi telinga sambil menarik napas dalam. Tahan beberapa saat kemudian kembalikan ke posisi semula sambil membuang napas. Anda juga bisa menyelingi gerakan ini dengan meregangkan otot leher ke samping, ke depan, dan belakang. Lakukan gerakan ini hingga Anda merasa bahu lebih nyaman.

Baca juga: 8 Cara Memberi Kesan Baik Saat Pertama Bekerja

5. Push Up Meja

Pertama, pastikan bahwa meja Anda kuat dan tidak akan bergeser, atau Anda bisa menggeser meja hingga merapat pada tembok. Mundurlah beberapa langkah dari meja dan letakkan tangan di atasnya. Lakukan gerakan push up pada meja. Ingat untuk menjaga postur tubuhmu tetap lurus. Anda bisa lakukan gerakan ini hingga 20 kali.

6. Gerakan Berjinjit

Gerakan ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu berdiri di belakang kursi, lakukan gerakan berjinjit dengan ujung kakimu. Lakukan gerakan ini secara perlahan hingga 10 kali. Ini berguna untuk melancarkan peredaran darahmu.

7. Peregangan Pinggul dan Lutut

Peluk salah satu lutut dan tarik ke arah dada. Tahan gerakan ini selama 10–30 detik, dan lakukan secara bergantian pada kedua lutut.

8. Peregangan Paha Belakang

Dalam posisi duduk, rentangkan satu kaki ke arah luar. Jangkau jari-jari kaki dengan kedua tangan dan tahan gerakan ini selama 10–30 detik. Lakukan secara bergantian pada kedua kaki. Pastikan gerakan ini dilakukan secara bergantian antara satu kaki dengan kaki lainnya. Jika dilakukan pada kedua kaki dalam waktu yang bersamaan, maka dapat menyebabkan masalah punggung.

9. Peregangan Leher

Awali dengan posisi kepala menunduk, kemudian lakukan gerakan memutar searah jarum jam dan ulangi pada arah sebaliknya. Lakukan gerakan ini selama 10 detik dan ulangi sebanyak 3 kali pada masing-masing arah.

10. Peregangan Dada

Berdirilah dengan posisi lengan di belakang punggung. Luruskan lengan dan angkat perlahan tangan Anda hingga merasakan peregangan di dada. Tahan gerakan ini selama 10–30 detik. Namun, hindari gerakan ini jika Anda memiliki masalah pada bahu.

Sekian artikel tentang olahraga ringan selama dikantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Melakukan Analisa Pekerjaan yang Tepat?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar