3 Tips Membangun Networking di Tempat Kerja
Siker.id | 10 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Membangun jaringan kerja (siker)

siker.id - Dalam berkarier di dunia kerja, agar kamu bisa mendapatkan informasi yang penting untuk perkembangan kariermu hingga melebarkan sayap ke peluang bisnis yang mungkin bisa menguntungkanmu, maka kamu perlu membangun networking yang baik di tempat kerjamu. Baik itu dengan rekan kerja, atasan maupun klienmu. Oleh karena itu, bangunlah networking yang baik untuk dirimu dan perkembangan kariermu dengan lima cara ini.

Baca juga: Kenapa Networking Penting dalam Berkarir?

Ciptakan koneksi yang baik

Saat kamu mengenal orang-orang baru di lingkungan kerjamu, maka cobalah untuk menciptakan koneksi yang baik dengan mereka. Kamu bisa memulainya dengan mencari dan menemukan topik pembicaraan agar bisa menghubungkanmu dengan mereka. Jangan ragu untuk memulainya terlebih dahulu, karena belum tentu mereka mau menyapamu lebih dulu. Ingatlah bahwa tidak semua orang ingin mengenalmu, apalagi jika kamu terhitung karyawan baru dan mereka senior di tempat kerjamu.

Bersikap sopan, menghargai dan menghormati

Jika kamu ingin membangun hubungan dan networking yang baik di tempat kerja, maka perlakukanlah rekan kerja, atasan dan klienmu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Yaitu dengan bersikap sopan, menghargai dan menghormati mereka. Logikanya bagaimana kamu bisa membangun networking yang baik jika kamu saja bersikap kasar, suka menyingung perasaan mereka hingga tidak menghargai waktu yang mereka miliki.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Networking yang Baik

Jangan ragu untuk menawarkan bantuan

Jika kamu bekerja di dalam tim atau terlibat kerja sama dengan rekan kerja lainnya, maka biasakanlah dirimu untuk menawarkan bantuan kepada mereka, sekalipun mereka tidak meminta tolong. Apalagi jika mereka kelihatan kesusahan, namun karena tidak ingin merepotkan orang lain sehingga mereka memaksakan diri melakukan semuanya sendiri. Nah, sikap peka akan kesusahan orang lain dan menawarkan bantuan kepada mereka menunjukkan bahwa kamu peduli pada mereka dan lingkungan sekitarmu.

Sekian artikel tentang tips membangun networking di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar