Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Membangun Koneksi Profesional Yang Tepat?
Siker.id | 16 Dec 2021 08:30


Bagikan ke
Membangun koneksi profesional yang tepat demi meningkatkan karir. (siker)

siker.id - Di zaman yang serba digital ini memang kita banyak dimudahkan. Salah satunya dalam urusan bisnis. Memulai hubungan pun gak harus dengan mendatangi orang secara langsung karena beragamnya platform yang dapat membantu. Namun nyatanya hal ini masih menjadi kesulitan tersendiri karena kurang bijaksananya dalam memanfaatkan. Berikut ini tips membangun koneksi professional yang perlu Anda praktekkan!

Baca juga: Berikut Tips Membangun Networking yang Baik

1. Perlakukan Koneksi Anda Seperti Museum

Jaringan profesional Anda harus lebih menyerupai museum atau galeri daripada pesta rumah yang meriah, dengan kata lain Anda harus memantaunya setiap saat dan merawatnya. Daripada Anda sibuk menyebarkan kartu nama Anda, dan berusaha keras untuk mendapatkan waktu tatap muka dengan seorang pengambil keputusan di perusahaan yang menjadi target Anda, cobalah untuk memiliki hubungan baik dengan pemimpin dan orang yang berpengaruh pada suatu konferensi, pertemuan asosiasi profesional, dan bahkan di perusahaan Anda sendiri.

2. Lakukan Percakapan Ringan

Entah Anda sedang dalam perjalanan menuju konferensi atau pertemuan di sebuah kedai kopi, Anda harus melakukan pekerjaan rumah Anda yang berhubungan dengan koneksi potensial Anda. Ini lebih sedikit tentang topik percakapan yang bisa diambil daripada mencari koneksi bersama teman, kolega, dan sesama alumni. Ketika Anda mampu membicarakan topik yang tepat dengan klien Anda, ini membuka jalan bagi perkenalan yang hangat, yang pada akhirnya menghasilkan penjualan yang ditutup atau pengantar lebih lanjut dibuat.

3. Periksa Kembali Profile Profesionalmu

Banyaknya platform yang memungkinkan untuk menjalin hubungan profesional ada baiknya untuk lebih Anda maksimalkan. Periksa bagaimana profile profesionalmu misalnya di Linekdin. Bangun profile dengan baik dan atur agar lebih mudah ditemukan. Berikan highlight pada profile yang mencerminkan bagaimana pekerjaan dan dimana minat yang kamu miliki.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?

4. Jangan hanya terpaku pada kepentingan bisnis saja

Membangun hubungan profesional memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Pastikan Anda juga mengingat bahwa rekananmu adalah manusia biasa. Gak baik rasanya untuk terus-menerus membicarakan soal bisnis saja. Ada saatnya Anda juga bersikap santai namun dengan tetap memberikan batasan dan respect pada mereka.

5. Jangan ragu untuk segera melakukan komunikasi dengannya

Ingat kembali bagaimana langkah awalmu dalam melakukan pendekatan dengan relasi. Jika sebelumnya Anda melakukan dengan mengirim direct message atau email, maka ada baiknya untuk melakukan follow up kembali. Namun kali ini pastikan kamu menghubunginya lewat telepon untuk sekedar mengobrol santai. Hal ini dilakukan untuk lebih mengakrabkan diri dengan relasi.

Sekian artikel tentang tips membangun koneksi professional yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Penyebab Karir Anda Tidak Berkembang?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar