Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Membangun Networking yang Baik
Siker.id | 14 Dec 2021 19:00


Bagikan ke
Cara membangun networking demi menumbuhkan perusahaan. (siker)

siker.id - Bisnis tanpa sebuah jaringan atau networking adalah sebuah hal yang mustahil. Kenyataannya, setiap bisnis selalu memerlukan jaringan karena sebuah bisnis tidak dapat berdiri sendiri. Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sebuah perusahaan memiliki banyak jaringan , diantaranya mampu meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan relasi, menjadi solusi bagi persoalan bisnis, menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis. Lantas jika sebagai pemilik usaha Anda ingin lebih jauh membangun networking dalam bisnis, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkannya? Berikut ini ada beberapa tips membangun networking yang bisa Anda coba!

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?

1. Tetapkan tujuan

Membangun jejaring kerja merupakan sebuah proses yang relatif memakan waktu. Karena itulah Anda harus menetapkan tujuan dari upaya tersebut, misalnya dalam waktu beberapa bulan Anda sudah dikenal di komunitas marketing.

2. Jadikan sebagai kebiasaan

Menghadiri acara yang berkaitan dengan profesi merupakan kesempatan yang baik untuk memperluas jejaring kerja. Tetapi, banyak kesempatan lain yang sifatnya informal bisa digunakan untuk mengenal orang-orang baru dan menjalin komunikasi dengan mereka. Kenali orang-orang terbaik dalam sebuah jejaring kerja dan usahakan untuk memperkenalkan diri Anda pada mereka.

3. Strategi Duplikasi

Ini merupakan salah satu cara membangun networking di dunia kerja. Duplikasi yaitu suatu proses untuk meniru langkah serta juga strategi beberapa orang sukses yang telah berjaya di dunia bisnis yang sama. Bisa dibilang ini adalah metode ATM (Amati, Tiru, Nodifikasi). Modifikasi disini tentunya adalah menyesuaikan segala sesuatunya dengan kapasitas anda dan keterampilan. Hal ini untuk mendapatkan jaringan bisnis dengan diiringi pengembangan kemampuan dalam diri Kamu. Mau jaringan bisnis Kamu tumbuh dengan baik? Jalani duplikasi dengan benar serta bertahap.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Yang Paling Dicari di Tahun 2021

4. Buat Kartu Nama yang Menarik

Walaupun nampak simpel, nyatanya kartu nama mempunyai kedudukan penting kala Kamu mau melaksanakan networking bisnis. Kartu nama ialah perlengkapan penting yang jadi bukti diri Kamu buat memperluas jaringan bisnis. Saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru ditemui, jangan sempat lupa memberikan kartu nama.

5. Miliki Aktivitas Sharing

Saat menguasai suatu bidang, Anda dapat membaginya dengan yang lain karena sejatinya sharing atau berbagi tak akan pernah membuat Anda merugi. Anda dapat berbagi dalam sebuah workshop, forum yang sifatnya online, social media dan di mana pun tempat yang memungkinkan bagi Anda untuk berbagi dengan baik.

6. Gunakan Social Media

Saat ini, setiap orang terhubung lebih dekat melalui social media. Anda juga dapat menggunakan social media sebagai salah satu alat untuk memperoleh jaringan bisnis. Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnis Anda. Selain Anda dapat menemukan insight baru mengenai bisnis, Anda juga dapat mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan target audience Anda.

Sekian artikel tentang cara membangun networking yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Freelance Yang Dicari Orang


Editor: Theo Adi -

     

Komentar