3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Digital Marketing
Siker.id | 02 Jun 2022 18:30


Bagikan ke
Skill digital marketing (siker)

siker.id - Perkembangan teknologi dan ekonomi yang sangat pesat menuntut pengusaha dan pemasar untuk belajar pemasaran digital atau digital marketing.Tak hanya sekedar berjualan secara online, digital marketing merupakan karier yang memadukan pemasaran, SEO, desain website, media sosial, copy writing (penulisan konten), dan masih banyak lagi. Bukan hal yang mudah, tapi jika bisa mempelajari itu semua, tentu kamu memiliki nilai lebih dibandingkan kompetitormu. Sebagai langkah awal, milikilah skill digital marketing di bawah ini yang penting dalam pekerjaan.

Baca juga: Berikut Trend Digital Marketing 2022

SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan keterampilan membuat website perusahaan berada di tingkat halaman pertama mesin pencari. Sehingga calon konsumen pun jadi lebih tertarik untuk mengkliknya, ketika mereka mencari produk atau layanan perusahaan tempatmu bekerja. Jika website perusahaan berada di halaman pertama dalam hasil pencarian, maka itu menujukkan jika visibilitasnya semakin membaik. Hal ini menandakan calon konsumen dapat lebih mudah menelusuri produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaanmu. Tentu saja ini dapat mendongkrak jumlah penjualan dan trafic website perusahaan.

CRM

Memantau pengalaman yang dialami konsumen bisa mendukung perusahaan mengerti kebutuhan mereka yang semakin bervariasi. Seorang digital marketer tentu perlu mengembangkan keterampilan CRM (Customer Relationship Management) untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan. Akan semakin baik jika kamu dapat menghubungkan konsumen dengan tingkat yang lebih emosional pada perusahaan. Kalau hal ini terjadi, tingkat loyalitas konsumen ke produk dan layanan perusahaan akan semakin tinggi.

Baca juga: 3 Cara Membantu Karyawan Ke Proses Transformasi Digital

Media sosial

Media sosial menjadi tempat perusahaan dan target pasar berinteraksi. Fakta inilah yang membuat pemasar digital dapat mengulik media sosial lebih dalam untuk keuntungan perusahaan dalam menyampaikan pesan yang relevan pada target pasar. Bukan hanya memposting konten di media sosial saja, seorang digital marketer juga harus menjaga kualitas konten, relevansi konten, dan interaksi antara perusahaan dan target pasar. Setiap pemasar harus membuat strategi media sosial sesuai platform media sosial yang digunakan.

Sekian artikel tentang skill yang harus dikuasai oleh digital marketing. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Website Pembuat Tanda Tangan Digital


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar