3 Cara Membantu Karyawan Ke Proses Transformasi Digital
Siker.id | 23 May 2022 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi era digital (freepik/siker.id)

siker.id - Di era digital saat ini, sudah banyak perusahaan yang melakukan proses transformasi digital. Selain perusahaan mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan teknologi, jangka panjangnya perusahaan menjadi lebih unggul dan juga menemukan inovasi baru dalam berbisnis. Di satu sisi, dalam perusahaan pasti ada karyawan yang antusias akan teknologi, namun pasti ada juga karyawan yang merasa enggan dengan adanya teknologi.

Baca juga : 3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Kurang Berkompeten

Dalam proses transformasi digital ini, pimpinan serta manajemen di perusahaan harus ikut andil dalam membantu karyawannya. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan perusahaan.

1. Hilangkan Rasa Takut Karyawan Terhadap Kehadiran Teknologi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meyakinkan karyawan bahwa teknologi tidak akan menggantikan posisi mereka. Karyawan akan menolak menggunakan teknologi apabila mereka berpikir kehadiran teknologi akan membuat mereka kehilangan pekerjaan.

Anda perlu menjelaskan bahwa teknologi digunakan untuk membantu tugas mereka yang repetitif dan memakan banyak waktu, sehingga mereka dapat fokus untuk melakukan pekerjaan lainnya yang lebih penting.

Baca juga : 3 Tips Suasana Kantor Kaku Jadi Menyenangkan

2. Beritahu Tujuan & Rencana Perusahaan dalam Melakukan Transformasi Digital

Dengan mengetahui alasan perusahaan menggunakan teknologi digital dan bagaimana perusahaan akan mengimplementasikannya, karyawan akan lebih bisa memahami dan termotivasi untuk menggunakan teknologi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan mengenai hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan penggunaan teknologi digital.

3. Berikan Pelatihan Teknologi Untuk Karyawan

Terkadang karyawan yang fasih menggunakan teknologi pun butuh sedikit waktu untuk mengenal aplikasi yang baru saja ia gunakan. Maka dari itu, perusahaan sebaiknya memfasilitasi pelatihan kepada seluruh divisi maupun karyawan yang ada.

Terlebih lagi bila teknologi digital yang digunakan masih baru. Sebagai pimpinan dan manajer perusahaan, perlu bagi Anda untuk menjadwalkan kapan sebaiknya pelatihan dilakukan dan mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan oleh perusahaan untuk memfasilitasi pelatihan tersebut.

Itulah di atas tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pimpinan atau manajemen perusahaan jika ingin membantu karyawan Anda ke proses transformasi digital. Sekian, semoga artikel ini membantu.

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Cara Menjawab Pertanyaan saat Presentasi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar