icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Alasan Mudah Tersinggung dengan Omongan Orang Lain
Siker.id | 22 May 2022 12:00


Bagikan ke
Alasan mudah tersinggung (siker)

siker.id - Merasa baper karena sering disinggung oleh orang lain memang wajar kita rasakan. Akan tetapi, omongan yang menjurus pada kritikan yang membangun sepatutnya kita lebih bijak dalam menanggapinya. Bukan untuk diterima mentah-mentah melainkan sebagai bahan instropeksi diri. Jika terlalu cepat marah, cobalah lebih memahami diri. Siapa tahu beberapa hal di bawah ini bisa menjadi alasan kenapa kamu mudah tersinggung.

Baca juga: 3 Tips Bekerja dengan Rekan yang Tidak Disukai

Ada rasa malu ketika orang lain melihatmu lebih lemah

Memiliki ego yang tinggi itu perlu ada batasannya juga. Jika harus kelihatan kuat dan hebat di mata orang lain, maka caramu itu salah. Coba turunkan ego, dan bersikaplah layaknya manusia yang juga butuh bantuan orang lain. Ketika ada orang lain membicarakanmu, tetap tenang dan berpikirlah santai. Bila perlu mintalah nasehatnya lebih dalam, dan anggaplah dirimu sebagai orang yang perlu dibimbing. Semakin kuat dirimu maka semakin banyak omongan yang harus kamu terima.

Merasa sulit menerima kritikan dan merasa paling benar

Merasa diri lebih baik dan penuh percaya diri itu ada tidak baiknya, loh! Kamu bisa jadi menutup semua akses informasi sebagai bahan perenungan hidup. Di saat kamu menutup diri, orang lain akan sungkan memberi kritikan di depan, mereka justru membicarakanmu di belakang secara sembunyi-sembunyi. Cobalah untuk lebih membuka diri tentang kesalahan. Melakukan hal yang dianggap salah bukan berarti kamu itu jahat. Kamu hanya sedang berproses menjadi seseorang yang pantas dalam kebaikan.

Baca juga: 3 Cara Menjadi Sosok yang Disenangi Rekan Kerja

Merasa kedudukanmu lebih tinggi

Merasa paling mulia dan hebat juga sebagai penyakit hati yang patut dihindari. Apalagi yang memiliki kedudukan tinggi. Siapapun mereka yang membicarakanmu, sebenarnya bukan ingin menjatuhkan. Hanya sebagai kritikan membangun yang membantumu dalam kejayaan.

Sekian artikel tentang alasan mudah tersinggung dengan omongan orang lain. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Manfaat Punya Rekan Kerja Solid


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar