icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Bekerja dengan Rekan yang Tidak Disukai
Siker.id | 12 May 2022 17:30


Bagikan ke
Bekerja dengan rekan yang tidak disukai (siker)

siker.id - Pekerjaan akan luar biasa jika kamu selalu bekerja dengan orang yang kamu sukai. Yah, mereka adalah orang-orang yang tidak hanya kamu hormati di tempat kerja, tetapi juga senang bersosialisasi denganmu di luar pekerjaan. Namun, kamu tidak dapat memilih dengan siapa kamu bekerja dan dunia kerja tidak selalu menuruti keinginanmu. Ada kalanya kamu akan bekerja dengan orang yang tidak kamu sukai. Lalu, bagaimana cara tetap efektif bekerja, meski kamu ada di posisi tersebut? Berikut ini ulasannya!

Baca juga: 3 Tips Melatih Kecerdasan Emosional dalam Bekerja

Ketahui lebih dalam tentang rekan kerjamu

Ketika kamu tidak menyukai rekan kerjamu hanya karena kinerjanya buruk, maka jangan langsung menghakimi dia bahwa dirinya tidak punya kualitas. Ketahui lebih dalam tentangnya. Misalnya, jika di pekerjaan dia sering tidak fokus, selalu keteteran dan sering dimarahi atasan, mungkin saja ada alasan dibaliknya. Alasan tersebut bisa jadi dia punya masalah keluarga, keuangan dan stres. Ketika kamu bisa tahu apa penyebabnya, maka kamu bisa memakluminya. Dan, itu juga bisa membantumu untuk lebih menyukainya dan membantu dia dalam urusan pekerjaan.

Jangan pernah bergosip tentang dia yang tidak kamu suka

Ketika memiliki rekan kerja yang tidak kamu sukai, godaan untuk membicarakannya dengan rekan kerja yang kamu sukai terkadang berlebihan. Sangat menyenangkan untuk duduk di tempat kerja dan berbicara tentang hal yang buruk tentang dia yang tidak kamu suka. Namun, tanyakan pada diri sendiri, apa gunanya bergosip tentangnya? Apakah ini akan membantu hubunganmu dengan dia yang tidak kamu suka? Sama selalu tidak. Dan, apakah itu akan membuatmu menjadi kandidat yang lebih kuat untuk promosi? Sekali lagi jawabannya adalah tidak. Meskipun kamu tidak suka, jawaban pernah bergosip. Perlakukan rekan kerja yang tidak kamu sukai dengan profesionalisme dan rasa hormat

Baca juga: Lakukan 3 Cara Ini Agar Lebih Proaktif Saat Bekerja

Diskusikan masalahnya dengan manager atau HRD di tempat kerjamu

Jika rekan kerjamu menyebabkan masalah nyata dengan pekerjaan yang saat ini kamu miliki, maka bicarakan masalah ini dengan manajermu. Mintalah tip kepada manager atau HRD tentang cara bergaul dengan rekan kerjamu. Seorang manager akan benar-benar ada untuk membantu dan sering kali, juga dapat mengatur ulang tugas sehingga kamu tidak harus terus-menerus berinteraksi dengan rekan kerja yang tidak kamu sukai. Ingatkah bahwa ini adalah pilihan terakhir, tetapi bisa berhasil.

Sekian artikel tentang tips bekerja dengan rekan kerja yang tidak disukai. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Bekerja di Lingkungan yang Banyak Tekanan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar