3 List Pertanyaan Untuk Posisi Backend Developer
Siker.id | 13 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Backend developer (siker)

siker.id - Ternyata tidak hanya harus memiliki kemampuan hard skill dan soft skill yang mumpuni saja, agar kamu bisa mendapat pekerjaan impian sebagai backend developer kamu pun harus bisa memukau perekrut pada saat memasuki sesi wawancara kerja.

Itu sebabnya pastikan kamu mulai mempersiapkan diri dengan baik sebelum interview dimulai. Salah satunya yaitu dengan melihat list beberapa pertanyaan interview backend developer yang umumnya ditemukan dalam sesi wawancara kerja berikut ini.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dihindari saat Interview Kerja

Apa aplikasi web yang pernah kamu kerjakan dan apa tanggung jawab kamu di proyek tersebut?

Pertanyaan interview backend developer ini biasanya diajukan untuk mengenal lebih dalam pengalaman kerja kandidat. Meskipun mereka mungkin sudah melihat proyek-proyek dan pengalaman kerja kamu dalam CV dan lamaran kerja, namun mereka ingin benar-benar bisa memahami peranan kamu sebagai seorang backend developer. Tidak ada benar salah dalam menjawab pertanyaan ini. Jadi jawablah dengan percaya diri. Kamu mungkin bisa lebih menonjolkan bagian-bagian dalam pekerjaan yang menunjukkan kemampuan dan kelebihanmu sebagai backend developer.

Bagaimana software lifecycle di posisi kamu yang sekarang?

Pertanyaan interview backend developer ini biasanya diajukan untuk melihat apakah kamu adalah kandidat yang cocok dalam tim developer ataupun perusahaan tersebut, salah satunya dalam hal kompatibilitas alur kerja. Pasalnya, saat ini sebagian besar perusahaan mengklaim bahwa mereka mengadopsi metodologi agile dalam pengembangan perangkat lunak. Pendekatan agile adalah proses melingkar di mana setiap langkah ditinjau kembali, diperiksa dan ditingkatkan. Dalam kenyataannya siklus hidup software seringkali berada di antara pendekatan Agile dan Waterfall, sebuah pendekatan dimana setiap tahap harus sepenuhnya selesai sebelum pindah ke tahapan selanjutnya.

Baca juga: 4 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview

Apa itu design pattern dan kenapa backend developer harus menggunakannya?

Perekrut akan mengajukan pertanyaan ini untuk memahami cara berpikir kamu sebagai seorang backend developer. Jelaskanlah pertanyaan ini dengan menunjukkan cara pandangmu terhadap solusi multifungsi dari design pattern. Design pattern sendiri adalah solusi yang digunakan dalam berbagai masalah umum dalam pengembangan perangkat lunak. Dengan design pattern bila ada permasalahan yang sama, kamu tidak perlu membuat teknik atau pola baru sehingga proses pengembangan pun menjadi lebih cepat.

Sekian artikel tentang list pertanyaan untuk posisi backend developer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar