icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview
Siker.id | 25 Feb 2022 09:30


Bagikan ke
Kiat mempersiapkan diri sebelum panel interview. (siker)

siker.id - Guna memperoleh calon karyawan berkualitas, perusahaan akan melakukan teknik interview dengan berbagai cara. Salah satunya, melalui panel interview.

Panel interview adalah teknik wawancara kerja yang mempertemukan seorang pelamar dengan sekelompok pihak perekrut (interview group). Jika pada umumnya, wawancara kerja dilakukan dengan satu pelamar dan satu perekrut. Namun, dalam interview ini, perekrut didampingi dengan beberapa orang.

Hal itu dilakukan untuk memperoleh pertimbangan yang lebih banyak atas kompetensi calon karyawan. Dengan demikian, kemungkinan perusahaan merekrut orang yang salah bakal berkurang.

Berikut kiat sukses dalam persiapan sebelum panel interview:

Baca juga: 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview

Berlatih Mengendalikan Bahasa Tubuh

Rasa canggung dan gugup saat bertemu orang baru adalah hal yang wajar. Biasanya, rasa gugup tersebut akan menimbulkan kecemasan berlebih dan memunculkan gerakan-gerakan tubuh yang tidak sewajarnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat berlatih untuk menahan diri dengan cara menghirup napas dalam-dalam sebelum melaksanakan panel interview. Lalu, cobalah berusaha untuk memandang mata para panelis dengan penuh rasa yakin.

Jangan Lupa Membawa Salinan Resume atau CV

Ketika hendak melalui panel interview, sebaiknya Anda telah membawa salinan resume dengan jumlah yang sesuai dengan pihak yang hadir. Hal ini akan memudahkan pemberian nilai terhadap Anda.

Selain itu, panelis pun dapat mengenal Anda lebih jauh melalui CV maupun Resume yang diberikan. Alhasil, nilai kompetensi Anda dapat meningkat di mata perekrut.

Baca juga: 4 Tips HRD Menyiapkan Interview Kerja

Bangun Kesan Pertama yang Baik Kepada Panelis

Salah satu penentu keberhasilan panel interview adalah kesan pertama yang baik. Untuk melakukannya, cobalah untuk bersikap santun sekaligus tegas ketika melakukan interview.

Selain itu, Anda dapat lebih aktif saat sedang diwawancarai oleh perekrut. Hal ini dilakukan dengan cara menjawab pertanyaan panelis dengan sedikit mengkaitkan dengan pengalaman yang pernah dilakukan.

Bawa Catatan Kecil

Saat melakukan interview tentu perekrut akan memberikan beberapa penjelasan penting. Dengan membawa catatan kecil, Anda dapat menulis segala hal yang sekiranya berguna untuk waktu mendatang. Selain itu, Anda akan lebih mudah untuk mengingat poin-poin penting yang disampaikan oleh perekrut.

Jika lolos interview, tentu akan ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk tahap selanjutnya.

Sekian artikel tentang kiat mempersiapkan diri sebelum panel interview. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tanda Interview Sukses


Editor: Theo Adi -

     

Komentar