Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Pertanyaan Interview HRD yang Menjebak
Siker.id | 18 May 2022 13:00


Bagikan ke
Pertanyaan jebakan interview (siker)

siker.id - Sesi wawancara adalah salah satu tahap yang harus dilalui dalam proses rekruimen. Tahap ini sangat menentukan karena di sinilah HRD melihat keselarasan data pelamar dengan kepribadiannya secara langsung. HRD juga menggali lebih dalam mengenai nilai-nilai kandidat apakah sejalan dengan budaya perusahaan. Sayangnya, banyak pelamar yang gagal di tahap wawancara karena kurang menguasai pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Jika kamu saat ini tengah menyiapkan diri menghadapi wawancara kerja, berikut ini beberapa pertanyaan menjebak yang mungkin akan kamu temui!

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dihindari saat Interview Kerja

Apa hal yang gampang membuat Anda kesal?

Pertanyaan ini bukan keisengan untuk membuat kandidat menjadi bingung. Justru HRD ini mengenalmu yang sebenarnya, baik dan burukmu. Ya, gak ada manusia yang sempurna. Seorang lulusan terbaik pun memiliki kekurangan. HRD ingin mengetahui apa yang gampang membuatmu kesal dan bagaimana kamu mengatasinya. Pada akhirnya, ini akan menghasilkan pemahaman bagaimana situasi bekerja denganmu setiap hari.

Apa deskripsi diri Anda dalam tiga kata?

Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan saat sesi wawancara kerja, terutama untuk kandidat Gen Z yang belum memiliki banyak pengalaman. Meski terkesan sederhana, akan cukup sulit untuk meringkas diri dalam tiga kata. Padahal, sebenarnya gak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. HRD ingin melihat bagaimana para lulusan muda memandang diri mereka sendiri. Jika diminta mendeskripsikan diri dengan tiga kata, para pelamar kerja disarankan untuk menyebutkan satu kata sifat negatif. Sangat mudah untuk membanggakan diri, tetapi bagaimana dengan kekurangan? Apakah mereka mau mengakuinya? Tunjukkan bahwa kamu menyadari kekurangan dan ingin berkembang.

Baca juga: 4 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview

Apa definisi sukses bagi Anda?

Kamu mungkin memiliki tujuan dan ukuran kesuksesan yang jelas. Namun, kamu cukup sulit untuk menjawab definisi sukses karena khawatir jawaban yang kamu berikan terlalu besar. Gak ada jawaban yang bernilai benar dan salah untuk pertanyaan ini. Sebenarnya ini bertujuan untuk melihat visi pribadimu dan menyelaraskannya dengan budaya perusahaan. HRD ingin tahu apakah kamu bekerja sekadar untuk kepentingan pribadi atau untuk tujuan kemajuan perusahaan.

Sekian artikel tentang beberapa pertanyaan interview kerja yang menjebak. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar