3 Hal yang Perlu Dihindari saat Interview Kerja
Siker.id | 29 Mar 2022 15:00


Bagikan ke
Hal yang perlu dihindari saat interview kerja. (siker)

siker.id - Interview menjadi salah satu aspek penting dan yang paling ditunggu oleh para pencari kerja. Sebab dalam sesi interview ini bisa menjadi ajang bagi kandidat untuk "menjual" keunggulan diri di hadapan para recruiter semua.

Agar hasil dari wawancara ini bisa maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu dan tidak boleh dilewatkan selama interview, nih. Pastikan kamu menghindari hal-hal terlarang berikut ini supaya peluang lolos wawancara menuju ke tahap selanjutnya bisa lebih besar. Simak baik-baik, ya!

Baca juga: 4 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview

Datang terlambat

Waktu adalah hal yang sangat berharga. Oleh sebab itu, kita sudah sepatutnya menghargai waktu orang lain dengan datang tepat waktu di setiap pertemuan. Bila perlu, datanglah 15 hingga 30 menit lebih awal sebelum waktu yang sudah dijadwalkan.

Selain menunjukkan kesiapan dan keseriusan, datang lebih awal bisa membantu kita menyiapkan berbagai hal serta mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Ini perlu dilakukan, baik pada intervew yang dilaksanakan secara daring maupun luring.

Tidak mengajukan pertanyaan

Di akhir interview, biasanya para kandidat akan diberikan kesempatan untuk bertanya kepada recruiter. Momen ini perlu kamu manfaatkan sebaik mungkin, lho. Bukan hanya untuk menunjukkan bahwa kamu tertarik dan serius ingin berkontribusi pada perusahaan, tetapi juga menggali lebih dalam mengenai perusahaan.

Oleh karenanya, ketika melakukan riset, kamu perlu menyiapkan setidaknya satu pertanyaan untuk diajukan di sesi interview.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview

Tidak melakukan riset sebelum interview

Untuk memperkaya pengetahuan soal posisi dan perusahaan yang dilamar, kandidat dianjurkan melakukan riset sederhana mengenai kedua hal tersebut. Mudah saja, kamu bisa surfing di website perusahaan dan sumber-sumber lain yang kredibel.

Tentu saja ini akan menjadi poin tambahan untuk memperbesar peluangmu lolos ke tahap selanjutnya. Namun jika kamu tidak mempersiapkan apa-apa, bukan tak mungkin kamu tak mendapat penilaian yang maksimal bahkan meskipun kamu telah menjawab pertanyaan lain dengan baik.

Sekian artikel tentang hal yang perlu dihindari saat proses interview kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips HRD Menyiapkan Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar