3 Ciri yang Menunjukkan Orang Disekitarmu Toxic
Siker.id | 20 Feb 2022 15:00


Bagikan ke
Ciri orang-orang disekitar memiliki sifat toxic. (siker)

siker.id - Keberadaan orang toxic sering kali sulit untuk dapat kita rasakan. Terutama jika kita terlalu sering berada di sekitarnya. Segala hal yang mereka lakukan jadi terasa wajar dan bisa dimaklumi.

Bahkan, ketika kamu ingin menyematkan label toxic pada mereka, kamu justru merasa bersalah dan gak tega. Apalagi untuk menghindar, kamu merasa terlalu berprasangka buruk. Berikut ini beberapa tanda yang bisa menunjukkan orang-orang disekitarmu itu toxic!

Baca juga: Berikut 4 Ciri Toxic Leadership

Berinteraksi dengan orang-orang toxic, kamu merasa lelah

Tanda pertama adalah ketika kamu selesai berinteraksi dengan orang-orang ini, kamu merasa lelah. Baik secara mental maupun fisik, kamu merasa down. Ini disebabkan benteng pertahananmu diserang habis-habisan oleh sikap toksik mereka.

Misal, mereka yang selalu mencari kekuranganmu, dan kamu yang berusaha untuk tetap bertahan dengan berbagai pembelaan. Atau, karena mereka yang selalu memintamu melakukan ini itu, dan kamu yang berusaha mengiyakan semua perintahnya.

Sikapmu mulai menyebalkan bila terlalu lama di dekat orang toxic

Terlalu lama dan sering menghabiskan waktu dengan orang-orang ini, akan bikin sikapmu mulai sama seperti mereka. Kamu menyadari bahwa apa yang kamu katakan mulai menyinggung perasaan orang lain dan melanggar batasan aturan yang seharusnya. Sikapmu juga mulai mengarah ke arah toksik.

Ini karena kamu bergaul dengan orang semacam itu. Makanya, kamu mulai ketularan sikap dan perkataan mereka. Hayo, jangan mau berlama-lama begini, ya.

Baca juga: Berikut Tanda Tempat Kerjamu Toxic

Kamu selalu merasa salah, kurang, dan gak pantas jika di sekitar mereka

Jika saat bersama orang-orang ini kamu selalu merasa kurang dan gak pantas, maka itu jadi tanda bahwa orang ini memang beracun. Sebab selalu ada aja yang mereka komentarin dari dirimu, entah itu fisik, style, dan lainnya.

Seolah-olah, gak ada satu pun yang kamu lakukan itu benar dan sesuai ekspektasi mereka. Bahkan gak cuma kamu aja, semua orang pun selalu berhasil mereka lihat kekurangannya. Hanya diri mereka sendirilah yang paling sempurna di matanya.

Sekian artikel tentang tanda-tanda orang disekitarmu toxic. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menanggapi Teman yang Toxic saat WFH


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar
Pencarian