icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 4 Ciri Toxic Leadership
Siker.id | 15 Feb 2022 12:30


Bagikan ke
Ciri-ciri toxic leadership. (siker)

siker.id - Memiliki atasan yang toxic tentunya akan membuat karyawan yang ada di bawahnya menjadi tidak nyaman ketika bekerja. Atasan yang toxic biasa disebut dengan toxic leadership. Hal ini merujuk pada sikap dan juga kelakuannya dalam bekerja, terutama kepada karyawan yang ada di bawahnya.

Secara harfiah toxic leadership bisa diartikan dengan pemimpin yang ‘beracun’. Beracun di sini memiliki arti bahwa kepemimpinan yang dibawa oleh atasan tersebut negatif atau buruk. Kebiasaan seperti itu nantinya berdampak pada kondisi dan juga kinerja dari tim yang dipimpin.

Berikut ini ciri-ciri adanya toxic leadership:

Baca juga: Berikut Tanda Tempat Kerjamu Toxic

Menutup kritik dan saran

Ciri pertama yaitu tidak terbuka dengan segala saran dan juga kritik yang dilayangkan atas dirinya. Seorang pemimpin yang baik harus membuka diri dengan segala bentuk kritik dan saran yang membangun. Pemimpin yang menutup diri akan dua hal di atas, sudah termasuk ke dalam pemimpin yang toxic.

Dengan menutup kedua hal di atas, hal itu menandakan bahwa segala keputusan dan perilaku yang ia lakukan sudah mutlak dan benar adanya.

Mendiskriminasi

Selanjutnya yaitu memiliki perilaku diskriminatif atau membeda-bedakan. Pemimpin yang memiliki perilaku diskriminatif cenderung tidak menyukai tim atau bawahan yang memiliki pandangan atau pemikiran yang berbeda dengan dirinya.

Orang yang diskriminatif cenderung menutup diri akan perbedaan dan keberagaman, dan lebih suka dengan sesuatu yang sama atau sefrekuensi dengan dirinya.

Baca juga: Tips Menanggapi Teman yang Toxic saat WFH

Otokratis

Otokratis merupakan sebuah gaya kepemimpinan dimana seorang pemimpin mengendalikan sesuatu secara penuh, seperti menentukan kebijakan, target, strategi, pengawasan, dan lain-lain tanpa melibatkan bawahan atau karyawan dari tim yang ia pimpin.

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa gaya kepemimpinan ini sangat otoriter dan seluruh karyawan diwajibkan untuk mematuhi segala tindakan yang disuruh.

Memiliki perilaku mengintimidasi

Perilaku mengintimidasi termasuk ke dalam salah satu ciri pemimpin yang toxic. Perilaku suka mengintimidasi bisa membuat karyawan yang berada di bawah kepemimpinannya merasa takut dan tidak berkembang. Hal ini tentu saja berhubungan dengan intimidasi yang diberikan oleh atasannya.

Seorang pemimpin yang memiliki perilaku mengintimidasi cenderung melakukan segala cara untuk mencapai kesuksesan secara pribadi.

Sekian artikel tentang ciri-ciri toxic leadership. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan ke banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Anda di Lingkungan Kerja Toxic


Editor: Theo Adi -

     

Komentar