Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Toxic
Siker.id | 09 Dec 2021 20:15


Bagikan ke
Cara menghadapi rekan kerja yang toxic yang perlu Anda tahu. (siker)

siker.id - Bicara soal rekan kerja, sedekat apa sih Anda dengan mereka? Apakah Anda menghabiskan waktu istirahat makan siang bersama? Hang-out bareng di akhir pekan? Atau hanya sebatas teman saat di kantor saja nih? Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki hubungan baik dengan sesama rekan kerja memang merupakan aset yang berharga. Namun, bagaimana bila dengan rekan kerja yang toxic ? Bisa jadi justru merugikan bukan? Tapi di sisi lain tentu Anda tidak dapat menghindari mereka karena berbagai kebutuhan pekerjaan. Agar hubungan tetap baik dengan sesama rekan kerja di kantor, berikut tips menghadapi rekan kerja yang toxic!

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat Kerja

1. Fokus Mengontrol Diri Sendiri

Rekan kerja yang toxic tentu saja mengganggu, bahkan pekerjaan Anda. Meski demikian, Anda tidak bisa terus mengeluh dan menunggu rekan Anda untuk sadar dan berubah. Satu-satunya hal yang bisa kamu ubah adalah dirimu sendiri. Cobalah untuk mengontrol diri agar tidak terbawa dalam emosi negatif. Kontrol diri untuk menerima rekan kerja yang toxic tersebut dengan sikap yang profesional.

2. Jaga Jarak

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menjaga jarak. Menjaga jarak berarti berusaha untuk tidak selalu dekat dengan rekan tersebut. Anda bisa mencoba untuk lebih dekat pada rekan lainnya yang dirasa normal-normal saja.

3. Jangan Biarkan Dia Bahagia

Kadang, dia akan merasa puas dan bahagia ketika mengetahui Anda sudah tidak bahagia lagi. Tentu, ini akan membuat Anda semakin depresi untuk menghadapinya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah tidak perlu berubah menjadi apa yang dia mau karena Anda tidak akan pernah baik ataupun buruk untuknya.

4. Jangan Fokus Pada Masalah

Orang sukses akan fokus pada solusi daripada hanya berfokus pada masalah. Mereka akan mencari tahu cara untuk menghadapinya dengan berusaha berpikir positif. Mereka akan berhenti berpikir tentang orang beracun yang menyusahkan mereka. Namun, mereka akan fokus pada cara untuk menghadapinya, terutama saat berinteraksi dengan orang yang toxic.

5. Fokus Menyelesaikan Pekerjaan

Rekan kerja yang toxic akan mencari perhatian dengan melakukan berbagai hal. Jadi, cobalah untuk tidak terpengaruh atas ulah rekan kerja yang toxic. Sebaliknya, tetaplah fokus mengerjakan pekerjaan, karena hasil pekerjaan Anda berimbas pada pekerjaan yang dilakukan oleh rekan kerja lainnya.

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Siap Menghadapi Walk In Interview

6. Bicara To-The-Point

Meskipun Anda selalu berusaha membatasi interaksi dengan teman kerja yang toxic, namun ada kalanya Anda juga harus berinteraksi dengan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan, bukan? Nah, ketika itu terjadi sebaiknya bicaralah secara to the point tanpa basa-basi. Hindari topik pembicaraan yang negatif maupun meluas mengenai lingkungan kerja.

7. Debat yang Dewasa

Ketika perdebatan tidak lagi terhindarkan, tetap bersikap dewasa. Jangan biarkan diri Anda terbawa situasi. Tetap jaga integritas diri Anda dengan tidak bersikap arogan atau terlalu percaya diri. Selain itu, sepakatlah untuk berkompromi demi tercapainya solusi.

8. Jangan Memancing Masalah

Jangan memperkeruh situasi dengan melakukan provokasi atau memancing masalah kepada mereka. Debat kusir atau adu argumen tanpa isi hanya akan membuat rekan kerja yang toxic merasa makin berkuasa. Saat Anda memulai duluan, artinya tidak ada bedanya dengan mereka.Tetap saja, gunakan trik lama yaitu “bunuh” mereka dengan kebaikan. Bersikaplah baik, tenang, dan sopan.

Sekian artikel tentang cara menghadapi rekan kerja yang toxic. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Sudah Siap Menghadapi Persaingan Kerja? Berikut Tipsnya!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar