Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa itu Komunikasi Interpersonal? Yuk Simak Penjelasannya!
Siker.id | 22 Jan 2024 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi Komunikasi/siker.id(dok.freepik)

siKer.id- Proses saling berbagi informasi, ide, dan perasaan antar individu yang melibatkan penggunaan bahasa verbal, ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan elemen non-verbal lainuntuk menyampaikan pesan dengan efektif. Komunikasi interpersonal bukan hanya sekedar kata-kata yang diucapkan, tetapi juga tentang bagaimana pesan tersebut diterima dan dipahami oleh orang yang menerimanya.

Baca juga : Berikut adalah Manfaat Pelatihan Kerja

1. Bahasa verbal dan non verbal

Meliputi bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara.

2. Empati

Memahami dan merasakan perasaan orang lain dan merespon dengan penuh pengertian terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain.

3. Aktif mendengarkan

Mendengarkan dengan seksama serta fokus pada pembicara, menunjukkan minat dan memberikan umpan balik yang memperlihatkan pemahaman.

4. Penggunaan isyarat non verbal yang efektif

Meliputi gerakan tubuh, kontak mata, dan ekspresi wajah.

Baca juga : Hadapi Perubahan dalam Era Kecerdasan Buatan (AI)

Manfaat Komunikasi Interpersonal yaitu :

1. Membangun hubungan yang kuat

Komunikasi interpersonal yang efektif dapat membangun kepercayaan dan keterlibatan antar individu selain itu membentuk dasar hubungan yang sehat.

2. Penyelesaian konflik

Dengan memahami dan menghargai perspektif orang lain, komunikasi interpersonal dapat membantu mengatasi konflik dan mencapai solusi yang saling menguntungkan.

3. Peningkatan produktivitas

Baik dalam konteks profesional maupun pribadi, komunikasi interpersonal yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja tim.

4. Pengembangan keterampilan sosial

Melalui interaksi interpersonal seseorang dapat mengasah keterampilan sosialnya.

Komunikasi interpersonal lebih dari sekedar pertukaran kata-kata, selain itu merupakan landasan terpenting dari setiap hubungan antarmanusia. Menerima sudut pandang orang lain adalah langkah penting untuk membangun hubungan yang bermakna dan kolaboratif. Dengan menghargai dan menghormati komunikasi antarpribadi, kita dapat membentuk dunia yang lebih baik di mana pengertian dan kerja sama adalah landasan terpenting dari semua hubungan.

Baca juga : IPK Tinggi dan Kesuksesan


     

Komentar