Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Fresh Graduate Wajib Tahu Mitos-Mitos Ini dalam Dunia Kerja
Siker.id | 06 Mar 2023 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi Freshgraduate (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Setelah lulus kuliah dan mulai ingin terjun ke dalam dunia pekerjaan, para fresh graduate mungkin akan mendengar mitos-mitos seputar dunia kerja yang membuat cemas, takut dan bertanya-tanya. Hal tersebut dapat menghambat karena terlalu takut untuk memulai. Padahal, kebanyakan hanyalah mitos dan tidak sama dengan kenyataan. Berikut adalah mitos yang sering didengar fresh graduate dan fakta yang sebenarnya:

Baca juga: Cara Agar Terhindar Dari Gangguan/Distraksi Saat Bekerja

1. Fresh Graduate harus kerja sesuai jurusan

Dalam realitanya, banyak pekerjaan baru yang bermunculan dan melamar pekerjaan walaupun tidak sesuai dengan jurusan kuliah tetap bisa dilakukan. Peluang untuk diterima akan lebih besar jika diimbangi dengan skill dan kemampuan yang dimiliki dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Namun, ada juga pekerjaan atau profesi tertentu yang menerima semua jurusan.

2. Fresh Graduate nggak bisa nego gaji

Fresh Graduate tetep boleh nego gaji, tapi nggak bisa asal nego aja. Sebelum memutuskan untuk nego gaji, lakukan persiapan terlebih dahulu seperti research rata-rata kisaran gaji pada posisi yang dilamar dan bandingkan dengan gaji yang ditawarkan perusahaan. Gaji yang diberikan perusahaan umumnya juga berdasarkan value yang bisa dikasih ke perusahaan. Jika kamu memiliki skill dan pengalaman yang bisa jadi nilai tambah, kamu bisa mencoba untuk nego gaji.

3. Fresh Graduate selalu di underestimate

Fresh Graduate tidak akan selalu diunderestimate dan diremehkan. Meskipun baru lulus, kalau kamu punya skill dan pengalaman yang dibutuhkan oleh perusahaan, kamu akan dihargai dan perusahaan tetap bisa melihat value di diri kamu.

Baca juga: Tidak Selalu Negatif, Ini Manfaat Jika Kamu Ambisius!

4. Perusahaan besar sama dengan karir mulus

Kerja di perusahaan besar dan terkenal pasti dapat memberikan benefit dan manfaat yang berbeda dengan bekerja diperusahaan yang masih baru atau kecil yang mungkin nggak terlalu memberikan benefit. Namun, kerja di perusahaan besar juga tidak selalu memberikan yang terbaik dalam karir karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti faktor dari diri sendiri, lingkungan kerja yang toxic atau beban kerja yang banyak.

5. Perusahaan selalu mencari pegawai berpengalaman

Pernyataan ini memang benar namun tidak selalu benar. Pada kenyataannya ada beberapa perusahaan yang memberikan kesempatan bagi para pelamar yang masih minim pengalaman atau freshgraduate asalkan kamu punya skill dasar yang dibutuhkan dan bersedia untuk belajar.

Banyak faktor yang akan mempengaruhi suatu kejadian dalam dunia kerja. Oleh karena itu, jangan fokus pada mitos yang sering didengar dan fokuslah pada kompetensi serta pengembangan diri. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ini Perbedaan Skill Copywriting dan Content Writing


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar