Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Fatal ! Jangan Lakukan Hal Ini saat Wawancara
Siker.id | 03 Nov 2021 16:30


Bagikan ke

siker.id - Mungkin Anda tidak menyadari atau malah menganggap kecil beberapa persoalan di bawah ini. Namun sikap Anda tersebut justru menghancurkan nilai plus Anda dan membatalkan niat perusahaan untuk mengajak Anda bergabung di perusahaannya.

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik, Ampuh Hilangkan Stres?

1. Terlambat

Membuat user menunggu adalah kesalahan di wawancara pertama Anda. Lebih baik Anda yang menunggu ketimbang user yang menunggu. Ketepatan waktu adalah hal yang krusial sekali, menunjukkan seberapa penting Anda menganggap prosesi wawancara ini.

Apalagi bukan hanya Anda saja yang akan diwawancara dan saingan Anda bukan hanya Anda sendiri. Ada banyak orang selain Anda yang sedang mengantre di posisi yang Anda lamar ini.

2. Menghidupkan Smart phone

Salah besar kalau Anda tidak mematikan smart phone Anda saat wawancara. Tidak ada alasan lupa atau apapun itu. Bagaimana kalau smartphone Anda berbunyi? Akan sangat konyol sekali ketika wawancara sedang serius-seriusnya lalu diinterupsi dengan dering smart phone dari Anda?

Baca juga: Bagaimana Prosedur Pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama?

3. Tidak mempersiapkan diri

Tidak dapat menjawab pertanyaan tentang perusahaan mungkin saja akan mengakhiri pencarian Anda untuk pekerjaan. Informasi tentang latar belakang termasuk sejarah perusahaan, lokasi, divisi, dan lainnya harus paham sebelumnya.

Tinjau terlebih dahulu, lalu bacalah sebelum wawancara dimulai untuk menyegarkan ingatan. Anda harus siap menjawab pertanyaan wawancara yang paling umum dan mengetahui kualifikasi dan pengalaman mana yang paling relevan dengan posisi tersebut.

4. Keterampilan Komunikasi yang Buruk

Penting untuk berkomunikasi dengan baik dengan semua orang yang Anda temui dalam mencari pekerjaan. Namun, yang paling penting adalah terhubung secara positif dengan orang yang mungkin mempekerjakan Anda.

Jabat tangan, lakukan kontak mata, tunjukkan kepercayaan diri, libatkan orang yang diajak bicara, dan itu akan memberi tahu pewawancara bahwa Anda adalah kandidat yang sangat baik untuk posisi tersebut bahkan sebelum menjawab pertanyaan dari pewawancara.

5. Asal Menjawab

Pastikan Anda mendengarkan pertanyaan dan mengambil waktu sejenak untuk mengumpulkan pemikiran sebelum menjawabnya. Jangan asal menjawab pertanyaan yang tidak dipahami. Jika tidak mengerti, jujurlah pada pewawancara agar jawaban Anda tidak sembarangan.

Menjawab dengan sembarangan atau jawaban yang tidak sesuai justru akan menjadi hal yang bahaya untuk Anda.

6. Menjelekkan Kantor Sebelumnya

Walaupun Anda memiliki pengalaman buruk di kantor sebelumnya, sebaiknya Anda menahan diri untuk menceritakan keburukan kantor atau bahkan atasan Anda sebelumnya.

Pasalnya, jika Anda melakukan ini maka pewawancara bisa menilai Anda secara negatif. Mereka berpikir bahwa Anda bisa saja melakukan hal yang sama terhadap perusahaan mereka.

Lagi pula, pewawancara bukanlah orang yang tepat untuk mendengarkan keluhan Anda. Melainkan, lebih baik Anda menyampaikan bahwa Anda resign karena ingin mencari tantangan, lingkungan dan suasana yang baru.

Baca juga: Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!

Sekian Artikel Fatal ! Jangan Lakukan Hal Ini saat Wawancara. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

 


Editor: Bagus -

     

Komentar