icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Prospek Kerja Lulusan Radiologi
Siker.id | 22 Nov 2021 17:45


Bagikan ke

siker.id - Pernah melihat petugas rumah sakit yang mengoperasikan alat medis seperti rontgen, CT Scan, MRI dan sebagainya? Itulah petugas yang sudah lulus mengenyam pendidikan jurusan radiologi. Di jurusan tersebut, anda mempelajari segala hal yang berhubungan dengan anatomi tubuh manusia dengan bantuan peralatan seperti yang disebutkan tadi. Jika berminat, anda bisa mengambil jenjang pendidikan D3 atau D4 di beberapa universitas yang ada di Indonesia.

Jurusan radiologi tergolong sepi peminat karena kebanyakan mereka berfikir prospek kerjanya yang sempit. Akan tetapi, jika kita ulas lebih mendalam, ada beberapa pekerjaan yang bisa didapatkan dan masih berhubungan dengan jurusan tersebut. Atau paling tidak, anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan keahlian yang didapat semasa kuliah.

Baca juga: Apa Peran Editor Dalam Dunia Jurnalistik?

Apa saja prospek kerja jurusan radiologi yang bisa dijadikan profesi utama? Berikut kami informasikan prospek kerjanya

1. Radiografer

Peluang kerja yang pertama Belajar di ilmu radiologi akan membuat Kamu punya peluang besar untuk bekerja sebagai radiografer. Sebagai radiografer, Kamu akan bertugas untuk mengambil foto rontgen. Profesi ini mungkin terdengar sederhana padahal sangat penting dan menantang. Kamu bahkan harus berhadapan dengan peralatan dan lokasi kerja yang berbahaya.

2. Ahli Teknologi Radiologi

Peluang kerja yang kedua yaitu bisa menjadi ahli teknologi radiologi, sesuai dengan jurusan yang diambil. Dengan pekerjaan tersebut, anda bertugas untuk mengoperasikan alat medis radiologi untuk tujuan diagnostik pasien.

3. Dosen

Jika Kamu punya bakat mengajar, maka Kamu bisa bekerja sebagai akademisi setelah lulus. Profesi satu ini bisa ditekuni setelah menempuh jenjang sekolah sarjana dan pascasarjana. Setelah lulus master, Kamu punya peluang besar untuk diterima jadi dosen di suatu universitas.

Ilmu yang Kamu miliki jelas akan sangat bermanfaat bagi orang lain di bidang profesi ini. Kamu bahkan bisa terus belajar di sepanjang jenjang karier yang Kamu geluti. Sebagai dosen

Baca juga: Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya

4. Ahli Terapis Radiologi

Tak hanya menjadi radiografer, lulusan Radiologi juga bisa menjadi terapis radiologi setelah lulus. Bidang radiologi memang memiliki banyak peran penting untuk dunia kesehatan. Selain membantu proses diagnosis medis, untuk beberapa penyakit juga memerlukan terapi radiologi.

5. Terapis Radiasi

Masih berhubungan dengan alat radiologi, kali ini anda bekerja sebagai terapis radiasi. Tugas atau fungsi utamanya yaitu memberikan terapi radiasi kepada pasien yang membutuhkan, namun tetap dalam pengawasan dokter. Selain itu, anda juga bisa menjadi penghubung antara dokter dan pasien mengenai perkembangan terapi yang didapatkan.

Itulah tadi 5 peluang atau prospek kerja radiologi yang bisa Kamu jadikan acuan pertimbangan. Jika bidang radiologi memang menarik minatmu, maka berusahalah sebaik mungkin untuk bisa masuk ke jurusan ini.

Baca juga: Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar