icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang Kerja Lulusan Rekam Medis, Baca Ini
Siker.id | 22 Nov 2021 17:10


Bagikan ke

siker.id - Kuliah di Jurusan Rekam Medis mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya ya? Jurusan yang satu ini memang ga sepopuler jurusan-jurusan lainnya di bidang ilmu kesehatan seperti Kedokteran, Keperawatan, Kebidanan, dan Farmasi. Namun, ilmu yang kamu dapatkan di jurusan ini sebenarnya memegang peran penting dalam rangkaian pengobatan pasien

Bisa dibilang rekam medis itu adalah salah satu bagian paling vital di rumah sakit atau klinik. Melalui rekam medis seorang dokter dapat mempelajari dan mengenali kondisi pasien dengan baik, sebab dalam rekam medis tersebut terdapat history atau pencatatan riwayat penyakit, perawatan, pengobatan, dan tindakan medis lainnya yang dialami seorang pasien. Dengan berpatokan pada rekam medis, dokter pun bisa memberikan tindakan yang tepat kepada pasien.

Jadi, di jurusan ini kamu akan mempelajari sistem pencatatan dan pelaporan yang terintegrasi dengan teknologi sistem informasi yang tengah berkembang saat ini dan pastinya akan terus disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi yang akan datang.

Baca juga: Staff Finance, Wajib Punya Skill Ini

Bagi Kamu yang tertarik dengan sistem analisis di dunia kesehatan, Kamu bisa berkuliah di jurusan rekam medis. Banyak kampus ternama yang menyediakan pilihan jurusan ini meskipun peminatnya tak sebanyak jurusan kedokteran maupun keperawatan. Jika Kamu masih merasa ragu untuk mengambil jurusan ini, berikut ada 10 peluang atau prospek kerja rekam medis yang mungkin bisa meyakinkanmu.

1. Ahli Rekam Medis

Kamu juga bisa bekerja sebagai ahli rekam medis setelah menyelesaikan kuliah di jurusan ini. Seorang ahli rekam medis memiliki tugas mencatat riwayat pemeriksaan hingga perawatan pasien di rumah sakit atau klinik. Dokumen rekam medis sangatlah penting sehingga peranmu di sini juga pasti akan sangat dibutuhkan.

Pihak dokter akan memberikan penanganan kepada pasien berdasarkan rekam medis yang sudah Kamu buat. Jadi, Kamu tak boleh main-main jika memegang posisi yang satu ini.

2. Peneliti Sistem Informasi Kesehatan

Pilihan profesi berikutnya yang bisa Kamu tekuni setelah lulus jurusan rekam medis adalah menjadi peneliti sistem informasi kesehatan. Kamu bisa mengembangkan kemampuan dan wawasan yang dimiliki selama kuliah atau bekerja di bidang rekam medis dengan menjadi seorang peneliti. Profesi ini akan sangat cocok digeluti oleh Kamu yang hobi melakukan analisis.

Peneliti bisa memberikan informasi atau kontribusi pengetahuan di bidang informasi kesehatan dengan teknologi terbaru. Kamu bisa bekerja dengan perusahaan atau lembaga tertentu untuk menjadi peneliti. Dari profesi ini, besar gaji yang didapat sangat dipengaruhi oleh skala proyek penelitian.

3. Peneliti Sistem Informasi Kesehatan

Menjadi seorang peneliti informasi kesehatan sangat mungkin didapatkan oleh lulusan program studi rekam medis. Pasalnya, kemampuannya dalam melakukan riset serta meneliti telah ditanamkan selama menempuh pendidikan kuliah.

Maka dari itu, tak heran apabila para alumninya sangat diunggulkan untuk bisa menjadi seorang peneliti di bidang sistem informasi kesehatan. Semua ilmu pengetahuan Anda semasa kuliah akan digunakan dalam bidang ini. Diketahui gajinya bergantung pada besarnya proyek.

Baca juga: Begini Tugas Utama Seorang General Affair, Simak Yuk

4. Teknisi Rekam Medis

Jika rekam medis bertugas melakukan pencatatan riwayat, maka teknisi rekam medis bertugas untuk mengelola sistem penanganan informasi tersebut. Pilihan profesi ini juga sangat cocok untuk Kamu yang belajar di jurusan rekam medis. Kamu bisa bekerja di rumah sakit atau klinik untuk menempati posisi yang satu ini.

Biasanya pendidikan rekam medis bersinergi dengan sistem informasi dan komunikasi. Di bidang profesi yang satu ini Kamu juga akan memegang peran penting dalam pencatatan riwayat medis pasien.

5. Kepala Bagian Informasi Medis

Menjadi kepala bagian informasi medis merupakan salah satu profesi yang kesempatannya terbuka untuk para alumni program studi rekam medis. Pasalnya, semua kriteria yang dibutuhkan oleh sektor tersebut telah dimiliki lulusan jurusan manajemen informasi kesehatan, sehingga cukup diunggulkan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja rekam medis (manajemen informasi kesehatan). Terlepas dari itu, Anda tak perlu khawatir lagi mengenai peluang kerjanya setelah menyelesaikan pendidikan kuliah, terlebih jika Anda tertarik dengan dunia medis atau kesehatan.

Baca juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

 


Editor: Bagus -

     

Komentar