Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Film Yang Bisa Inspirasi Kamu Tentang Public Speaking
Siker.id | 21 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Film tentang public speaking sebenarnya bisa sebuah dorongan atau inspirasi untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan berbicara di publik. Mengasah skill public speaking bisa dikatakan sangat bertumpu pada praktek secara langsung. Kamu mungkin juga bisa berkembang lebih cepat jika mempraktekkan poin-poin teori public speaking.

Berikut ini ada beberapa film tentang public speaking yang bisa menjadi salah satu objek pengamatan yang menyenangkan untuk kamu ketika akan menghadapi berbicara didepan publik. Simak dibawah ini.

Baca juga : Berikut Ini Cara Melatih Public Speaking

1. The King’s Speech (2010)

 

Film tentang public speaking ini merupakan kisah asli dari Pangeran Albert sebelum diangkat menjadi Raja Inggris dengan gelar King George VI. Pangeran Albert mengalami kondisi gagap bicara sejak usianya delapan tahun. Bakal kewajibannya sebagai raja mengharuskan Pangeran Albert untuk selalu siap berpidato setiap harinya.

Sementara, ia dihadapkan dengan kondisi gagap yang belum juga terselesaikan. Pada akhirnya, seorang terapis asal Austria bernama Lionel Logue-lah yang berhasil membantunya untuk sembuh.

Dalam film public speaking ini kamu akan mendapatkan poin-poin penting yang bisa kamu praktikkan. Dari cara mengatasi rasa grogi atau takut di depan umum hingga cara meningkatkan artikulasi suara ketika berbicara. Beberapa scene menunjukkan latihan-latihan yang dilakukan Pangeran Albert untuk menghilangkan rasa grogi atau takutnya.

Baca juga : 3 Rekomendasi Film Pembelajaran Manajemen Tim

2. The Great Debaters (2007)

Film ini bercerita tentang kegigihan sebuah klub debat kelompok Afrika-Amerika dari Wiley College di tahun 1930-an. Pada masa itu, orang-orang Afrika-Amerika tidak memperoleh haknya untuk bisa belajar mata pelajaran yang sama dengan masyarakat kulit putih.

Pengurus sekaligus pelatih klub debat Wiley College, Melvin Tolson, mencoba untuk melawan isu tersebut ketika klubnya berpartisipasi dalam suatu kompetisi debat. Kompetisi ini mempertemukan Wiley College dengan klub debat dari Universitas Harvard yang dikenal karena berisikan individu-individu cerdas.

Sejumlah scene dalam film ini menunjukkan cara-cara yang bisa kamu terapkan ketika melakukan public speaking. Dari cara mempersiapkan pidato di waktu yang singkat, cara menambahkan emosi ketika berbicara, hingga cara pemakaian metafora atau frase tertentu ketika menyampaikan argumen.

3. Comedian (2002)

Film dokumenter berjudul Comedian ini merupakan film yang menceritakan kisah perjalanan karier dari salah satu stand up comedian ternama, Jerry Seinfeld. Kamu akan diajak mengetahui seberapa besar tantangan yang dihadapi oleh seorang stand up comedian di atas panggung. 

Profesi ini mengharuskan para stand up comedian untuk membuat audiensnya tetap tertarik dengan apa yang mereka bicarakan. Bukan itu saja, mereka juga harus bisa membuat para penontonnya tertawa. 

Di film public speaking ini ada beberapa tips yang diberikan oleh Jerry Seinfeld di sejumlah scene. Salah satunya adalah bagaimana cara menyampaikan pesan ketika berbicara di depan umum yang mungkin agak berbeda dengan teori praktis dari profesional di bidang lain. 

Nah, itulah dia beberapa film yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk suatu objek pengamatan ketika kamu merasa gugup menghadapi bagaimana besok berbicara didepan publik, semoga membantu ya.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Film Bertema Dunia Kerja dan Karir


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar