icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Cara Melatih Public Speaking
Siker.id | 14 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Tips melatih public speaking untuk kemajuan perusahaan. (siker)

siker.id - Komunikasi adalah elemen penting dalam kehidupan kita saat ini. Komunikasi akan memungkinkan kita untuk membentuk koneksi, mempengaruhi keputusan, dan memotivasi perubahan. Tanpa keterampilan komunikasi yang cukup, kemampuan untuk maju di dunia kerja dan dalam kehidupan akan semakin terlimitasi. Public speaking adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling penting namun juga paling ditakuti. Padahal, ada banyak alasan pentingnya public speaking di zaman seperti sekarang ini. Berikut ini cara melatih public speaking!

Baca juga: Bagaimana Menjadi Seorang Public Relation yang Handal?

1. Latihan dan latihan

Perasaan deg-degan, takut, dan gugup ketika akan melakukan public speaking itu wajar. Untuk mengurangi perasaan itu, bisa dengan melakukan persiapan yang baik dan juga banyak latihan. Banyak latihan atau praktik, mungkin nggak akan bikin penampilanmu jadi sempurna. Akan ada kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin terjadi. Tapi, dengan banyak praktik, kamu akan menjadi semakin baik dalam hal yang sedang kamu praktikkan itu. Latihan public speaking bisa kamu lakukan di depan cermin, di depan temanmu, atau direkam menggunakan handphone-mu. Kamu akan menemukan hal-hal yang kurang.

2. Kenali audiensnya

Public speaking, berarti kamu menyampaikan pesan atau gagasan untuk audiens. Agar pesan bisa tersampaikan secara efektif, kamu perlu mengenali siapa audiensmu. Misalnya, berapa usia mereka, hobi dan minat mereka, tingkat pendidikan, status ekonomi sosial, dan lainnya. Dengan mengenali audiens, kamu jadi bisa menyusun dan menyampaikan informasi yang tepat untuk mereka. Jadi, mengenali audiens bisa bantu kamu untuk menyampaikan pesan secara efektif agar pesan bisa benar-benar diterima dan dipahami dengan baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Efisiensi Kerja Karyawan?

3. Artikulasi yang jelas

Ini sudah pasti ya, Kawan Puan. Seorang public speaker harus mempunya kemampuan untuk bicara dengan baik, termasuk bicara sesuai tata bahasa. Dan, kurangi kata diam seperti "um". Sebab itu, kamu tetap perlu latihan ekstra agar bisa andal public speaking. Cobalah sering bicara sendiri dan melakukan persiapan sebelum presentasi.

4. Gaya presentasi yang memikat

Gaya presentasi termasuk nada vokal, gaya bahasa, ekspresi wajah, dan waktu, merupakan hal penting yang perlu kamu latih. Kemampuan ini membantumu untuk mengingat audiens sehingga mereka pun semangat.

5. Kemampuan Powerpoint

Powerpoint juga menjadi alat penting untuk menunjang kemampuan public speaking kita lho. Memang secara teknis, kita hanya memasukkan ide di dalam lembar presentasi, tapi kita juga diminta untuk kreatif. Buatlah presentasi menarik, estetik, dan mudah dimengerti banyak orang.

Sekian artikel tentang cara melatih public speaking. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Public Relations, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar