Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Mengelola Gaji Magang dengan Baik
Siker.id | 21 Mar 2022 12:30


Bagikan ke
Mengelola gaji magang/intern dengan baik. (siker)

siker.id - Apakah saat ini magang digaji? Sebagian besar perusahaan yang mengadakan program internship atau magang pastinya akan memberikan kepada anak magang sejumlah uang, baik itu dalam bentuk gaji bulanan atau uang makan setiap harinya. Tetapi, jumlah yang diberikan mungkin tidak akan sebanyak jumlah yang didapatkan pegawai full-time. Maka dari itu, sebagai intern atau anak magang, kamu juga perlu mengelola gaji yang kamu terima setiap bulannya dengan baik. Lalu bagaimana cara mengelola gaji dari penghasilan magang ini? Apakah bisa untuk memenuhi kebutuhan harian maupun bulanan? Berikut ini tipsnya!

Baca juga: Manfaat Magang Bersertifikat Bagi Mahasiswa

Upayakan tetap fleksibel dalam mengatur uang

Pengelolaan gaji magang jelas berbeda karena, selain uang yang diterima tidak banyak, kebutuhan individu yang berbeda menjadi faktor yang paling memengaruhi. Apabila kamu masih tinggal bersama orang tua, kamu tidak perlu mengalokasikan dana terlalu besar untuk kebutuhan karena sebagian mungkin telah ditanggung oleh mereka, seperti biaya listrik dan makanan sehari-hari. Namun, jika kamu merasa bertanggung jawab untuk menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk kebutuhan rumah, jangan lupa untuk diskusikan hal tersebut dan tentukan besarannya.

Manfaatkan sumber daya yang ada

Memanfaatkan sumber daya yang ada merupakan hal yang perlu dilakukan kalau kamu masih menerima gaji magang. Misalnya, jika kamu tipe orang yang harus minum kopi setiap hari. Banyak dari kita yang bisa menghabiskan Rp15.000 hingga Rp40.000 hanya untuk membeli kopi setiap hari. Padahal, kantor pada umumnya akan menyediakan stok kopi yang tiada habisnya untuk para karyawan. Daripada membeli kopi di luar, sebaiknya memanfaatkan sumber daya yang ada seperti kopi dari kantor dengan optimal.

Baca juga: Berikut 4 Manfaat Merekrut Anak Magang bagi Perusahaan

Lakukan rekapitulasi

Recap, recapitulation, atau rekapitulasi merupakan hal yang penting dalam pengelolaan keuangan. Terkadang, dana yang kita habiskan tidak sesuai dengan budget yang dibuat di awal. Ketika kamu melakukan evaluasi budget, kamu bisa belajar memahami pola dan biaya pengeluaranmu untuk menemukan solusi agar dana yang dipakai tidak di luar budget.

Sekian artikel tentang mengelola gaji magang dengan baik. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Anak Magang


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar