icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lulusan Ekonomi? Inilah Prospek Kerja Kedepannya!
Siker.id | 04 Nov 2021 12:45


Bagikan ke
Meskipun identik dengan bekerja di sektor perbankan, ternyata banyak sekali pekerjaan untuk sarjana ekonomi di luar sana. (siker)

siker.id - Ekonomi adalah salah satu fakultas yang paling banyak peminat. Pasalnya, para lulusan ekonomi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Meskipun identik dengan bekerja di sektor perbankan, ternyata banyak sekali pekerjaan untuk sarjana ekonomi di luar sana. Nah, kalau kamu masih sering merasa galau tentang jenjang karier, berikut ini akan dipaparkan beberapa prospek kerja yang menjanjikan bagi Anda yang lulusan ekonomi. Siapa tahu ini bisa membuka wawasan dan pikiran Anda yang sampai sekarang masih kebingungan.

Tapi sebelumnya berikut ini dijelaskan skil yang harus Anda punya sebagai lulusan ekonomi.

Baca juga : Tips agar Lolos Wawancara Sesi Terakhir

1. Daya Analisa dan Evaluasi

Sewaktu kuliah ekonomi, kemampuan analisa Anda akan terus diasah. Anda akan belajar untuk mengubah angka-angka statistik dan grafik menjadi informasi yang bisa dipakai untuk menyelesaikan masalah. Daya analisa dan evaluasi ini sangat berharga di pasar kerja.

2. Keahlian Berhitung

Di jurusan ekonomi, Anda tidak bisa menghindar dari angka. Grafik, laporan, dan data statistik akan menjadi makanan sehari-hari. Anda perlu menghitung, mengingat angka dengan cepat, dan mengerti apa yang angka-angka tersebut sampaikan.

3. Kesadaran Budaya

Di jaman sekarang, perusahaan kecil sekalipun memiliki kerjasama bisnis dengan luar negeri. Jadi kemampuan untuk menyesuaikan diri dan membawa diri di budaya yang berbeda sangatlah penting.

4. Keahlian Komunikasi

Angka dan grafik hanyalah sekedar nominal yang tidak berarti jika tidak bisa diterjemahkan menjadi informasi yang bisa dimengerti. Sewaktu berpresentasi, tantangan yang harus dihadapi oleh para lulusan ekonomi adalah, menyampaikan laporan, presentasi atau proposal yang bisa dimengerti oleh semua pihak, bahkan oleh klien mereka yang tidak mengerti istilah ekonomi.

5. Menyelesaikan Masalah

Mahasiswa jurusan ekonomi akan dilatih untuk berpikir kritis. Mereka akan belajar dari banyak studi kasus, menilai masalah yang ada, dan mencari solusi yang tepat.

Prospek Kerja Bagi Lulusan Ekonomi

1. Investor Relation Associate

Prospek kerja sarjana ekonomi yang satu ini mungkin jarang Anda dengar. Investor relation associate bertugas untuk melakukan pendekatan dan pengenalan dengan calon penanam modal/saham di perusahaan tempatnya bekerja. Sebagai investor relation associate, tugasmu adalah memberikan info tentang perusahaan dari sudut pandang ekonomi.

2. Konsultan Ekonomi

Konsultan Ekonomi menggunakan keahlian riset dan analitik untuk menganalisa keadaan ekonomi, berbagai hal dan tren industri yang akan mempengaruhi produksi, perluasan usaha dan investasi dari klien mereka.

Baca juga : Apa Saja Hak Jaminan Sosial dalam Dunia Kerja?

3. Juru Taksir

Juru taksir atau disebut juga Appraiser mempunyai tugas untuk menentukan nilai sesungguhnya dari suatu properti. Selain properti, juru taksir biasanya juga bertugas untuk menetapkan pajak. Juru taksir dibutuhkan di perusahaan yang menawarkan jasa gadai.

4. Perpajakan

Hampir di semua sektor bisnis dan usaha akan berhubungan dengan perpajakan. Dengan gelar sarjana ekonomi, Anda bisa mencoba untuk melamar kerja di kantor pajak. Pekerjaan ini sangat cocok untuk yang ingin mempelajari hal baru.

5. Actuaris

Actuaris menggunakan keahlian matematika dan statistic untuk menentukan nilai dari aset-aset yang dapat diasuransikan, baik itu akibat kebakaran, sakit, tutup usia atau kebangkrutan. Mereka perlu berhadapan dengan angka-angka dan rumusan, untuk menghitung nilai aset-aset tersebut.

6. Analis Kredit

Analis kredit menilai resiko dari suatu pinjaman, baik itu pinjaman untuk individual atau perusahaan. Mereka akan menilai berdasarkan tren ekonomi terkini dan berbagai faktor lainnya seperti keadaan industri, competitor dan lain sebagainya, kemudian menentukan jumlah dan bunga pinjaman yang dapat diberikan kepada klien.

7. Pengajar Bisnis

Sesuai dengan namanya, pengajar bisnis memiliki tugas mengajar bisnis. Anda bisa menjadi pengajar bisnis di suatu instansi pendidikan formal maupun non formal. Biasanya topik yang diajarkan adalah akuntansi, keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan pemasaran.

8. Akuntan Publik

Sarjana ekonomi bisa dikatakan punya cakupan yang luas untuk memilih lapangan pekerjaan yang akan ditekuni. Salah satu bidang ekonomi yang juga laris menghasilkan lulusan sarjana ekonomi yang mudah mendapat pekerjaan adalah jurusan akuntansi. Lulusannya bisa bekerja sebagai akuntan di kantor ataupun membuka jasa akuntan publik.

9. Compensation & Benefits Manager

Bukan cuma ada divisi finansial atau akuntansi saja, sarjana ekonomi juga bahkan punya kesempatan untuk bisa bekerja di tim HRD. Di tim HRD, ada suatu profesi dengan nama compensastion and benefits manager yang akan semakin optimal fungsi kerjanya kalau dilakukan oleh seorang sarjana ekonomi. Posisi ini ada untuk membantu perusahaan mengelola regulasi pemberian bonus dan kompensasi pada karyawannya.

10. Pemeriksa Keuangan

Pemeriksa keuangan berbeda dengan akuntan. Akuntan mempunyai tugas menyusun laporan keuangan. Sedangkan pemeriksa keuangan bertugas memeriksa dan memastikan sebuah transaksi atau dokumentasi keuangan sudah sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Peraturan ini berlaku untuk lembaga keuangan, sekuritas, transaksi keuangan, dan real estate. Jika Anda adalah seorang yang teliti, mungkin bisa menjadikan ini sebagai prospek karir.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan ekonomi. Bila Anda menyukai artikel ini boleh dibagikan pada banyak orang, dan bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut 8 Hak Cuti yang Perlu Anda Tahu!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar