Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Masih Sering Insomnia? Yuk Kenali Sebabnya!
Siker.id | 20 Feb 2024 11:25


Bagikan ke
Ilustrasi insomnia(siker.id/dok.freepik)

siKer.id- Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur meski terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan ini bisa berdampak pada aktivitas penderita keesokan harinya. Waktu tidur yang ideal dan kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan kualitas hidup seseorang. Secara umum, waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7–8 jam setiap malamnya. Penyebab insomnia bisa bervariasi dan seringkali merupakan hasil dari kombinasi faktor-faktor berikut:

Baca juga : Pengertian Problem Solving dan Manfaatnya di Dunia Kerja

1. Stres

Salah satu penyebab utama insomnia adalah stres, baik itu stres akut seperti kekhawatiran tentang peristiwa tertentu, masalah hubungan, atau stres kronis seperti masalah pekerjaan, keuangan, atau kesehatan.

2. Kondisi Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), atau gangguan bipolar dapat menyebabkan insomnia. Kondisi-kondisi ini seringkali menyebabkan pikiran yang terus-menerus aktif dan gangguan pola tidur.

3. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis seperti nyeri kronis, asma, penyakit gastroesofageal refluks (GERD), penyakit Parkinson, hipertiroidisme, atau gangguan neurologis tertentu dapat menyebabkan insomnia atau mengganggu kualitas tidur.

4. Gangguan Pola Tidur

Faktor-faktor seperti perubahan jadwal kerja (misalnya shift malam), perjalanan lintas zona waktu, atau perubahan kebiasaan tidur yang drastis dapat mengganggu pola tidur alami tubuh dan menyebabkan insomnia.

Baca juga : 5 Keterbatasan dalam Pengembangan Karier

5. Polusi Lingkungan

Faktor-faktor lingkungan seperti suhu ruangan yang tidak nyaman, kebisingan, cahaya yang terlalu terang, atau gangguan lainnya dapat mengganggu tidur dan menyebabkan insomnia.

6. Konsumsi Zat atau Obat

Penggunaan zat-zat tertentu seperti alkohol, kafein, atau nikotin bisa mengganggu pola tidur dan menyebabkan insomnia. Selain itu, beberapa obat-obatan seperti obat dekongestan, obat-obatan untuk gangguan kecemasan atau depresi, atau obat-obatan tertentu untuk kondisi medis bisa memiliki efek samping insomnia.

7. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, atau kebiasaan tidur yang buruk seperti tidur terlalu siang, sering tidur siang, atau menggunakan gadget elektronik sebelum tidur juga bisa menyebabkan insomnia.

8. Faktor Psikososial

Faktor-faktor seperti kebiasaan tidur yang buruk, kurangnya pengetahuan tentang tidur yang baik, atau kecenderungan untuk terjaga di malam hari karena kesibukan atau kebiasaan tertentu juga dapat berkontribusi pada insomnia.

Baca juga : Tips dan Trik mengikuti Magang


Editor: Safira -

     

Komentar