Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia Bagi Pekerja?
Siker.id | 27 Nov 2021 08:30


Bagikan ke
Insomnia ternyata bisa mengganggu banyak aktifitas bahkan bagi pekerja sendiri. (siker)

siker.id - Beban pekerjaan dan rotasi pada jam kerja kerap membuat orang-orang kantoran mengalami insomnia. Pada akhirnya, insomnia tidak hanya memberikan gangguan bagi kesehatan, tetapi juga kualitas pekerjaan Anda. Bayangkan saja, kalau Anda kehilangan jam tidur pada malam hari, besoknya tentu akan sangat mengantuk dan tidak bisa bekerja. Selain kondisi mengantuk dan kurang produktif, nyatanya insomnia pun dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan. Mulai dari gangguan kesehatan mental, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, hingga memicu gangguan kesehatan jantung. Untuk itu, simak beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia!

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kualitas Karyawan? Lakukan Cara Ini!

1. Bangun Tidur Pada Waktu Yang Sama

Meski mungkin nampak sulit dilakukan, tidur lebih awal dan bangun tidur pada waktu yang sama setiap harinya dapat membantu Anda untuk mengatasi insomnia. Dengan begini, kamu akan melatih tubuh untuk terbiasa dengan jam tidur dan bangun yang sehat. Jika Anda ingin menerapkan cara ini Anda harus belajar dan berkonsisten untuk menyamakan bangun tidur pada setiap harinya.

2. Kurangi Kafein

Efek kafein dapat menyebabkan insomnia. Pasalnya, efek kafein dapat bertahan di tubuh Anda bahkan hingga dalam kurun waktu 24 jam. Selain itu, mengonsumsi kafein yang berlebih bisa menyebabkan kamu sering terbangun pada malam hari.

3. Batasi Aktivitas di Tempat Tidur

Memang terasa nyaman ketika kita beraktivitas di tempat tidur seperti membaca buku, bermain gawai, belajar dan menonton tv. Tetapi hal ini ternyata bisa menyebabkan sulit tidur dan mudah terjaga.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

4. Pulang Tepat Waktu

Pulang tepat waktu dan tidak mengambil lembur bisa menjadi salah satu cara mengobati insomnia. Kalau Anda mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas, dimulai dari menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, sehingga jam tidur tidak terganggu, kemudian menjadikan ini sebagai rutinitas, kebiasaan ini bisa mengecilkan risiko insomnia.

5. Olahraga

Olahraga memang menjadi salah satu cara mujarab untuk mengobati insomnia. Anda bisa memilih waktu yang ideal sendiri, bisa pagi atau malam hari. Olahraga bisa memperlancar sirkulasi darah dan membuat rileks, sehingga tidur malam bisa lebih lelap. Berkeringat dan rasa lelah yang diakibatkan dari melakukan olahraga, sejatinya bisa membantu mengatasi insomnia.

6. Mandi Air Hangat

Ada sensasi relaksasi saat kamu mandi air hangat sebelum tidur. Kucuran air hangat di badan, terutama di punggung bisa jadi sarana relaksasi yang mujarab. Mandi air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah, membuat rileks, dan mengenyahkan penat di kepala, sehingga tidur malam bisa lebih rileks.

7. Mengatur Suhu Kamar

Suhu kamar juga berperan serta untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kalau Anda tidur dengan ruangan ber-AC sebisa mungkin mengatur suhu senyamannya supaya enggak kedinginan juga tidak kepanasan. Selain suhu, kenyamanan dan kebersihan kamar juga menjadi penunjang tidur nyenyak. Upayakan kamar senantiasa dalam suasana bersih, rapi, dan tenang, sehingga Anda nyaman berlama-lama di sana.

Sekian artikel tentang mengatasi insomnia bagi pekerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Tetap Tenang Setelah Dimarahin Atasan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar