Bagaimana Cara Menjadi Seorang Karyawan Unggulan?
Siker.id | 14 Dec 2021 12:45


Bagikan ke
Cara menjadi seorang karyawan unggulan. (siker)

siker.id - Karyawan unggulan dapat berarti mereka-mereka yang disukai bos, berhasil membangun hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja, namun juga bekerja dengan produktivitas tinggi. Seperti yang mungkin Anda kira, karyawan unggulan lebih disukai dan memiliki karier yang lebih cemerlang dibanding karyawan “telatan”. Jika Anda ingin menjadi karyawan teladan namun tidak tahu caranya, jangan bersedih atau putus asa. Anda bisa menjadi karyawan teladan di mana pun Anda bekerja. Berikut ini tips menjadi karyawan unggulan!

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjadi Karyawan Teladan

1. Berpakaian Rapi

Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah berpakaian rapi. Perusahaan nasional ataupun multinasional menetapkan standar khusus terkait cara berpakaian para karyawan. Tujuannya bukan untuk mengadu fashion antarkaryawan, melainkan untuk melihat kepribadian tiap-tiap karyawan. Cara berpakaian secara tidak langsung dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Survei membuktikan orang yang selalu berpakaian rapi menjadi bagian dari orang sukses karena ia peduli pada hal yang menyangkut dirinya sendiri. Mulai dari sekarang, cobalah untuk berpakaian rapi agar orang yang melihat Anda menjadi terkesan.

2. Menciptakan Ide-Ide Brilian

Memberikan sesuatu yang standar sudah biasa. Bagaimana dengan hal yang luar biasa? Di dunia kerja yang serba kompetitif, Anda harus mampu memberikan sesuatu yang berbeda dari biasanya, misalnya menciptakan ide-ide brilian. Ide brilian yang menyangkut kemajuan perusahaan akan sangat dibutuhkan atasan. Ide-ide brilian harus disampaikan dengan berani dan penuh kepercayaan agar atasan yakin pada apa yang Anda sampaikan. Dengan demikian, Anda sudah berhasil menjadi salah satu karyawan yang unggul di perusahaan.

3. Berbagi Ilmu dengan Orang Lain

Mungkin Anda memang belum terlalu ahli dalam suatu hal. Namun, bayangkan jika Anda mampu berbagi dan mengajari ilmu tersebut dengan orang lain. Lakukan diskusi atau sekedar sharing mengenai pekerjaan dengan rekan kerja. Jika Anda rutin untuk berbagi dan berdiskusi tentang pekerjaan, maka akan mempercepat pembelajaran dan mengingat lebih banyak atas pekerjaan dan ilmu yang Anda pelajari. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington University, mengajar dan berbagi ilmu dapat membuat Anda terlibat dalam pendekatan yang lebih efektif untuk belajar daripada mereka yang hanya belajar untuk lulus tes. Jadi, jangan suka pelit ilmu, ya!

Baca juga: Berikut Ini Tips Mempertahankan Karyawan Potensial

4. Pelajari Sesuatu Hanya 60 Menit

Durasi waktu yang terbaik untuk belajar adalah mendedikasikan 30-60 menit untuk materi baru. Sesi belajar singkat namun rutin jauh lebih baik daripada durasi yang lama. Belajar di bawah 30 menit tidaklah cukup. Tetapi, jika Anda belajar sesuatu lebih dari 60 menit, otak akan terlalu banyak terlalu banyak memproses informasi dan pada akhirnya Anda akan merasa kesulitan untuk memahaminya. Jangan lupa untuk melakukan istirahat selama 5-10 menit untuk merilekskan otot-otot tubuh agar lebih fresh.

5. Selesaikan Pekerjaan Melebihi Ekspektasi

Pelajari bagaimana Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda, kemudian lakukan dengan sebaik-baiknya dan selalu usahakan untuk melebihi ekspektasi sesulit apa pun pekerjaan Anda, dan berapapun pembayaran yang disetujui. Kerjakan hingga selesai jauh sebelum deadline, atau kerjakan dengan kualitas yang lebih baik. Dengan kemampuan yang handal dalam mengerjakan suatu pekerjaan, loyalitas terhadap perusahaan dan pekerjaan-pekerjaan yang melebihi ekspektasi, tentunya sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan promosi ke jenjang karier yang lebih tinggi.

6. Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Jangan pernah meremehkan rekan kerja Anda, mereka juga merupakan orang-orang terbaik yang ahli di bidangnya masing-masing. Perlakukan setiap orang dengan sopan dan hormat. Walau terdengar sederhana, namun efek hal tersebut kepada Anda cukup besar untuk menjadi karawan teladan. Hindari untuk bergaul dengan rekan kerja yang selalu malas bekerja, berpikiran negatif, membicarakan hal buruk tentang orang lain dan berperilaku tidak hormat, karena teman yang Anda pilih pun akan menentukan reputasi Anda.

Sekian artikel tentang tips menjadi karyawan teladan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Syarat dan Cara Membuat NPWP Bagi Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar