Berikut Ini Tips Mempertahankan Karyawan Potensial
Siker.id | 10 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Tips mempertahankan karyawan potensial dan berprestasi. (siker)

siker.id - Karyawan merupakan sebuah aset bagi perusahaan. Karena tanpa adanya karyawan, tugas yang ada tidak akan bisa diselesaikan dengan baik. Maka dari itu setiap perusahaan memiliki caranya agar karyawan yang telah bekerja pada perusahan tidak mengundurkan diri. Apalagi jika karyawan yang dimiliki oleh perusahaan adalah karyawan yang memiliki pontensi besar untuk memajukan perusahaan. Jikalau karyawan terbaik keluar dari perusahaan Anda, tentulah akan berdampak pada perusahaan Anda. Berikut cara mempertahankan karyawan potensial!

Baca juga: Berikut Cara Merencanakan Keuangan Buat Karyawan

1. Menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan

Hal ini penting dilakukan karena lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang menentukan betah atau tidaknya karyawan untuk bekerja di perusahaan. Suasana kerja yang penuh dengan tekanan dan stres dapat mempengaruhi kesehatan mental karyawan, sehingga karyawan tersebut tidak dapat menikmati pekerjaan mereka.

2. Menjalin komunikasi yang transparan

Karena komunikasi yang tidak transparan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi karyawan untuk bekerja. Setiap karyawan berhak mengetahui mengenai kondisi keuangan perusahaan, kemajuan yang telah dibuat oleh perusahaan, dan hal-hal lain yang direncanakan oleh perusahaan.

3. Memberikan kesempatan untuk berkembang

Stabilitas karyawan di tempat kerja akan lebih terjaga jika perusahaan dapat mempromosikan karyawannya ketimbang mempekerjakan karyawan baru untuk mengisi posisi yang lebih tinggi.

4. Memberikan Apresiasi Terhadap Karyawan

Apresiasi sekecil apapun sangatlah dinanti dan ditunggu oleh para karyawan. Oleh karena itu, bila Anda selalu pimpinan perusahaan dan memberikan sebuah tugas kepada karyawan hingga mereka bisa menyelesaikannya dengan baik jangan lupa untuk memberikannya sebuah apresiasi. Apresiasi yang diberikan bisa dengan sebuah ucapan dan kata-kata motivasi agar karyawan bisa terus berprestasi. Selain itu bisa pula memberikan hadiah yang wajar dan pantas diterima oleh karyawan Anda.

Baca juga: Berikut Ini Pentingnya Memberikan Apresiasi Pada Karyawan

5. Libatkan Karyawan untuk Kemajuan Perusahaan

Perusahaan yang Anda pimpin memang seutuhnya milik Anda. Namun, perusahaan tersebut tak akan berkembang dengan baik bila tak ada tim yang membantu Anda untuk mengembangkannya lebih baik lagi. Tim yang dimaksud jelas adanya adalah karyawan-karyawan yang Anda rekrut untuk membantu Anda mengembangkan perusahaan agar lebih baik lagi. Maka, ketika Anda ingin memajukan perusahaan libatkan karyawan Anda untuk berpendapat dan memberikan ide terbaiknya dalam memajukkan perusahaan.

6. Berikan Kenaikan Gaji yang Pantas untuk Karyawan Anda

Gaji setiap bulan yang diterima oleh karyawan Anda adalah sebuah pencapaian yang mereka tunggu-tunggu. Tentu saja dari gaji tersebut mereka bisa menghidupi keluarganya untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Karena itu, jangan menggangu hak karyawan Anda dengan cara memotong gaji atau tidak memberikan. Karena bila terjadi, maka satu persatu karyawan di perusahaan tersebut akan mengundurkan diri. Berikanlah gaji yang sesuai dengan jabatan atau kinerja karyawan Anda. Bila karyawan Anda adalah karyawan potensial, maka berikanlah intensif gaji yang sesuai dengan apa yang mereka lakukan.

Sekian artikel tentang tips mempertahankan karyawan potensial. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar