icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Menjadi Karyawan Teladan
Siker.id | 27 Nov 2021 19:30


Bagikan ke
Siapapun bisa menjadi karyawan teladan selama bisa mengikuti arahan dari perusahaan dan mau berkembang pesat dalam hal karir. (siker)

siker.id - Anda tentu ingin hidup lebih sejahtera dan mapan. Hal tersebut bisa dicapai jika Anda memiliki kinerja yang baik sehingga bisa jadi karyawan teladan. Nantinya, pihak perusahaan pasti tidak segan-segan memberikan promosi jabatan atau kenaikan gaji. Namun, untuk menjadi karyawan teladan perlu dedikasi yang tinggi dan usaha keras. Selain bagus dalam kinerja, sikap dan attitude Anda juga jadi penilaian penting. Buat Anda yang ingin jadi karyawan teladan, hal-hal berikut ini harus Anda lakukan dengan penuh dedikasi dan bisa jadi suatu kebiasaan.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

1. Berperilakulah Secara Profesional

Ini adalah tempat Anda bekerja. Baik di pemerintahan, menjalankan bisnis, di perusahaan multinasional, atau di bagian pelayanan masyarakat, Anda selalu dituntut untuk bekerja secara profesional. Mengobrol boleh-boleh saja, namun ada perbedaan antara mengobrol untuk menyeimbangkan ruwetnya pekerjaan dengan mengobrol ngalor-ngidul tidak jelas. Bersikaplah tegas jika ada rekan kerja yang mengajak berbicara masalah pribadi di jam kerja.

2. Belajarlah Menerima Kritikan

Pernah bekerja dengan bos yang perfeksionis dan tidak pernah merasa bersalah untuk terus-menerus mengkritik pekerjaan Anda? Sabar dahulu, karena untuk menjadi karyawan teladan berarti Anda harus belajar menerima kritikan dari orang lain. Daripada menggerutu kesal, coba renungi sejenak apa kira-kira yang bos harapkan dari Anda. Jika suatu saat Anda merasa sangat marah dengan kritikan yang rasanya tidak sepadan dengan hasil pekerjaan, cobalah tenangkan diri sejenak.

3. Harus Bisa Memecahkan Masalah

Selanjutnya adalah Anda harus bisa memecahkan suatu masalah, dalam artian Anda perlu membuat atasan Anda menjadi terkesan dengan keterampilan yang Anda miliki di dalam memecahkan suatu masalah. Jangan sampai Anda membiarkan diri Anda mengeluh dan juga bergantung dengan orang lain.

4. Menunjukkan Kinerja Secara Maksimal

Yang berikutnya adalah menunjukkan kinerja yang baik dan maksimal, Anda bisa menunjukkan hal tersebut dengan bentuk pekerjaan seperti bagaimana dalam Anda bekerja sama dengan suatu tim, kemudian juga tanggung jawab dari pekerjaan dan juga bagaimana solusi dan cara untuk menyelesaikan pekerjaan Anda itu sendiri.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja

5. Menguasai Pekerjaan

Yang berikutnya adalah harus benar-benar menguasai setiap tugas atau pekerjaan yang sudah diberikan. Teknis pekerjaan wajib Anda kuasai. Setelah itu, kerjakan setiap tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Jangan pilih-pilih pekerjaan. Apapun pekerjaan yang sudah diberikan, kerjakan itu 100%. Bahkan, Anda harus bisa mengoptimalkan kinerjamu hingga hasil dari pekerjaan tersebut melebihi ekspektasi.

6. Disiplin

Tepat waktu adalah hal wajib untuk bisa jadi karyawan teladan. Jangan telatan saat berangkat kantor. Lebih baik lagi jika Anda bisa berangkat setengah jam atau 15 menit lebih cepat dari jam kantor. Anda bisa mengkondisikan diri sebelum mulai bekerja. Anda juga perlu disiplin dengan pekerjaan. Usahakan setiap pekerjaan bisa selesai sebelum deadline. Jaga juga stabilitas kinerja positif itu. Kedisiplinan jadi salah satu faktor utama penilaian karyawan teladan.

7. Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Jangan pernah meremehkan rekan kerja Anda, mereka juga merupakan orang-orang terbaik yang ahli di bidangnya masing-masing. Perlakukan setiap orang dengan sopan dan hormat. Walau terdengar sederhana, namun efek hal tersebut kepada Anda cukup besar untuk menjadi karawan teladan. Hindari untuk bergaul dengan rekan kerja yang selalu malas bekerja, berpikiran negatif, membicarakan hal buruk, berperilaku tidak hormat, karena itu akan menentukan reputasi Anda.

8. Pertahankan Reputasi dan Kinerja Anda

Selalu datang lebih awal atau tepat waktu ke tempat kerja, melakukan pekerjaan sebaik mungkin sehingga Anda memiliki track record yang baik di perusahaan tempat bekerja. Sangat penting untuk mempertahankan reputasi dan kinerja tersebut supaya Anda menjadi pegawai teladan. Jika diperhatikan lebih lanjut, kebanyakan karyawan yang kinerjanya tidak terlalu baik dimulai dari sesederhana absensi yang banyak bolongya, tenggat waktu yang tidak tercapai, serta perilaku yang tidak menunjukkan profesionalisme dan banyaknya customer yang melakukan komplain.

Sekian artikel tentang cara menjadi karyawan teladan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Manfaat Breafing Pagi Untuk Karyawan ?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar