icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
10 Cara Mengatasi Perubahan Suasana Hati
Siker.id | 04 Apr 2023 11:00


Bagikan ke
Ilustrasi Perubahan Suasana Hati (siker.id/dok. Freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Perubahan suasana hati adalah hal yang normal dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan suasana hati disebut juga dengan moody. Moody adalah orang yang suasana hatinya berubah-ubah, biasanya dalam jangka waktu yang pendek, sering kali tanpa alasan yang jelas. Misalnya, seseorang yang tiba-tiba menjadi marah atau sedih tanpa alasan yang jelas. Perubahan suasana hati yang tiba-tiba dan berulang dapat mengganggu kesejahteraan mental dan emosional Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi perubahan suasana hati:

Baca juga: 8 Cara Menolak Permintaan Secara Halus

1. Ketahui penyebab perubahan suasana hati

Pelajari dan kenali pola perubahan suasana hati Anda, kapan dan di mana perubahan suasana hati tersebut terjadi. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi suasana hati Anda dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi perubahan suasana hati tersebut.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda serta mengurangi stres. Olahraga juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas dapat membantu mengurangi perubahan suasana hati dan kelelahan. Cobalah untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam dan hindari mengonsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur.

4. Praktikkan teknik relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati Anda.

5. Cari dukungan sosial

Temui teman, keluarga, atau konselor untuk berbicara tentang perasaan Anda. Dukungan sosial dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati Anda.

Baca juga: 5 Etika Resign yang Wajib di Ketahui Karyawan

6. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda nikmati

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda nikmati seperti membaca, menulis, atau menonton film favorit Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi stres.

7. Hindari membandingkan diri dengan orang lain

Hindari membandingkan diri Anda dengan orang lain karena hal tersebut dapat memicu perubahan suasana hati yang negatif.

8. Jaga pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food dan konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein.

9. Jangan menunda-nunda

Hindari menunda-nunda tugas atau tanggung jawab karena hal tersebut dapat memicu perubahan suasana hati yang negatif.

10. Tetap positif dan optimis

Tetap positif dan optimis dalam menghadapi perubahan suasana hati. Ingatlah bahwa perubahan suasana hati adalah hal yang normal dan Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan tepat dan sehat.

Itu dia 10 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perubahan suasana hati. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Efektif Ini dia 10 Cara Manajemen Waktu dalam Bekerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian