icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Etika Resign yang Wajib di Ketahui Karyawan
Siker.id | 04 Apr 2023 11:00


Bagikan ke
Ilustrasi Resign (siker.id/dok. Canva)

siker.is - Resign adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tindakan seseorang yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Ini berarti bahwa seseorang secara sukarela menyerahkan posisinya di perusahaan dan berhenti bekerja di sana. Keputusan untuk resign dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti ketidakpuasan dengan pekerjaan, keinginan untuk mengejar kesempatan lain, atau kebutuhan untuk mengambil waktu untuk diri sendiri. Resign merupakan keputusan yang perlu dipikirkan dengan matang. Selain itu, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin mengajukan surat resign kepada atasan atau perusahaan, antara lain:

Baca juga: Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Berikan pemberitahuan

Berikan pemberitahuan kepada atasan atau perusahaan Anda sebelum Anda berencana untuk berhenti. Biasanya, pemberitahuan minimal adalah 2-4 minggu sebelum tanggal terakhir Anda bekerja. Diskusikan dan bicarakan dengan atasan dengan baik.

2. Sampaikan surat resign dengan sopan

Ketika menulis surat resign, gunakan bahasa yang sopan dan profesional. Jangan menyebutkan alasan yang negatif atau memojokkan perusahaan. Sampaikan alasan resign yang positif agar terlihat professional. Cantumkan beberapa hal seperti tanggal, nama penerima, nama perusahaan, alamat perusahaan, nama penulis dan alasan mengajukan resign.

3. Selesaikan Pekerjaan

Meskipun sebentar lagi kamu akan resign, bukan berarti pekerjaan bisa ditinggalkan begitu saja. Tuntaskan semua pekerjaan yang ada agar tidak terlalu membebankan rekan kerja yang mengganti posisi Anda.

Baca juga: Tips Agar Tidak Menganggur Lama

4. Handover

Saat Anda mengundurkan diri, tugasmu akan di handover oleh orang lain yang mengisi posisimu, Oleh karena itu, jangan meninggalkan pekerjaan yang belum selesai saat Anda mengundurkan diri. Pastikan untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda dengan baik dan memberikan pemberitahuan kepada atasan atau perusahaan jika ada pekerjaan yang belum selesai agar dapat dilakukan pengalihan tugas dengan baik. Bantu juga proses pergantian tanggung jawab dan elaskan secara detail pekerjaan tersebut kepada rekan kerja lainnya.

5. Berikan ucapan terima kasih

Sampaikan rasa terima kasih Anda kepada perusahaan dan atasan Anda dalam surat resign. Berikan apresiasi pada kesempatan kerja yang telah diberikan selama Anda bekerja di perusahaan. Selain itu, agar menjaga relasi dengan baik, lakukan perpisahan untuk berpamitan dengan atasan dan seluruh rekan kerja.

Ingatlah bahwa etika resign sangatlah penting dalam membangun hubungan yang baik dengan atasan, rekan kerja atau perusahaan Anda. Selalu berbicara dengan sopan dan profesional, dan pastikan untuk memenuhi tanggung jawab Anda sampai hari terakhir Anda bekerja. Itu dia 5 etika resign yang baik. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 4 Cara Tidur di Tempat Kerja; Power Nap


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar