icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lakukan 8 Cara Ini Untuk Mengapresiasi Diri Sendiri
Siker.id | 04 Apr 2023 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi Apresiasi Diri (siker.id/dok. Freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Setiap orang pasti pernah memiliki rasa ingin dihargai atau diapresiasi. Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa apresiasi tersebut hanya bisa datang atau didapatkan dari dari orang lain. Padahal sebenarnya, kamu bisa lho mengapresiasi diri sendiri. Mengapresiasi diri sendiri adalah cara yang penting untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kebahagiaan. Berikut adalah 10 cara untuk mengapresiasi diri sendiri:

Baca juga: Efektif Ini dia 10 Cara Manajemen Waktu dalam Bekerja

1. Berikan waktu untuk diri sendiri

Berikan waktu untuk diri sendiri dan lakukan hal-hal yang kamu nikmati, seperti membaca buku favorit, menonton film, atau berolahraga. Kamu juga bisa memanjakan diri atau merawat diri yang membuatmu lebih rileks.

2. Bersyukur

Fokus pada pencapaian yang telah kamu capai saat ini dan hargai usaha dan kerja kerasmu selama ini. Ucapkan terima kasih dan kalimat positif untuk dirimu sendiri.

3. Tulis hal-hal yang baik tentang diri sendiri

Buatlah daftar hal-hal positif tentang diri sendiri atau hal yang pernah kamu lakukan dan kamu bangga telah melakukannya. Membaca daftar tersebut ketika kamu merasa sedang down akan membuatmu menjadi lebih baik.

4. Beri hadiah untuk diri sendiri

Berikan reward atau hadiah untuk diri sendiri setelah kamu berhasil mencapai suatu tujuan atau menyelesaikan tugas yang sulit.

Baca juga: 5 Etika Resign yang Wajib di Ketahui Karyawan

5. Tingkatkan keterampilan

Meningkatkan keterampilan diri merupakan cara untuk mengapresiasi diri sendiri. Bekalkan dirimu dengan berbagai keterampilan dengan mempelajari hal baru atau mengambil kursus.

6. Self Talk

Hargai diri sendiri dengan self talk atau berbicara dengan diri sendiri dengan cara yang positif. Bisa mulai dibiasakan setiap pagi sebelum memulai hari, kamu bisa mengatakan “aku pasti bisa!”

7. Nikmati proses

Nikmati proses yang sedang kamu alami dalam mencapai tujuan dan jangan terlalu fokus pada hasil akhir. Hargai setiap momen yang terjadi dalam hidup dan jadikan sebagai pembelajaran berharga.

8. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Kamu berharga dengan apa yang kamu miliki saat ini. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain dan fokus pada kemajuan dan pencapaianmu sendiri. Ingatlah bahwa setiap orang punya timelinenya masing-masing dalam mencapai suatu hal.

Mengapresiasi diri sendiri dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik. Tetapkan waktu untuk mengapresiasi diri sendiri dan ingatlah bahwa kamu pantas untuk merasa bangga dengan diri sendiri. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 8 Cara Menolak Permintaan Secara Halus


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian