icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Program TikTok Affiliate
Siker.id | 30 Mar 2023 12:30


Bagikan ke
ilustrasi tiktok affiliate (siker / doc.freepik)

siker.idTikTok merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial dan video music dimana pengguna dapat membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek dengan filter maupun music sebagai pendukung.

Sekarang TikTok tidak hanya digunakan sebagai media hiburan saja, namun TikTok sekarang dijadikan sebagai media untuk mencari cuan. Salah satunya melalui program TikTok affiliate.

Baca juga: 3 Tips Live Stream Penjualan Di TikTok Bisa Maksimal

APA ITU TIKTOK AFFILIATE?

TikTok Affiliate merupakan layanan yang diberikan TikTok dengan tujuan memberikan kesempatan bagi pengguna aplikasi TikTok untuk mengiklankan sebuah produk guna mendapatkan uang.

Program TikTok Affiliate cara kerjanya mirip dengan affiliate marketing. Affiliate sendiri merupakan salaj satu strategi dalam digital marketing yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan cara berkolaborasi dengan selebritas, influencer, atau pembeli. Mereka bertugas mempromosikan barang atau jasa dan menarik pembeli dan nantinya akan mendapat komisi sekian persen sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Dengan demikian dapat kita pahami bahwa TikTok affiliate adalah program kolaborasi antara seller dan user TikTok yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan komisi kepada used yang sudah membantu mempromosikan barang dagangannya.

Baca juga: 6 Strategi Promosi Bisnis Bikin Laris Di TikTok

PIHAK-PIHAK DALAM TIKTOK AFFILIATE

1. Merchant

Merchant adalah pihak penjual yang memiliki produk yang akan diperjual-belikan

2. Affiliate Network

Affiliate network adalah pihak perantara antara merchant dan afiliator

3. Afiliator

Affiliator adalah user atau pengguna TikTok yang bergabung dalam TikTok affiliate untuk melakukan promosi produk dari merchant

4. Customer

Customer adalah user atau pengguna TikTok biasa yang menjadi target promosi merchant dan affiliator

Baca juga: Ini Dia 3 Tips Mudah Menambah Follower TikTok!

CARA KERJA TIKTOK AFFILIATE

User atau pengguna TikTok harus mendaftar terlebih dahulu dalam afiliasi TikTok dan akan menerima sebuah kode unik dari affiliate network atau merchant. Kode tersebut biasanya langsung dalam bentuk tautan produk yang harus ditautkan dalam video atau siaran langsung yang dipromosikan. Ketika pengguna TikTok lain membeli produk dari tautan tersebut, affiliator secara otomatis menerima notifikasi dan dia dapat mengetahui komisi TikTok Affiliate yang akan diterima.

Demikian informasi mengenai TikTok affiliate yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar