6 Strategi Promosi Bisnis Bikin Laris Di TikTok
Siker.id | 25 Apr 2022 10:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar aplikasi tiktok (siker.id/freepik)

siker.id - Sekarang ini, promosi bisnis online melalui media sosial sudah menjadi salah satu strategi digital marketing. Selain menggunakan Facebook Ads, Instagram, WhatsApp, ada lagi media sosial yang sedang populer di kalangan banyak generasi, yaitu TikTok. Dari perkembangan popularitasnya, platform ini mulai dilirik pemilik bisnis sebagai media promosi.

TikTok adalah media sosial berbasis video singkat dengan durasi 15-60 detik. Sekilas, tak ada perbedaan dengan media sosial lain yang juga berbasis video, seperti YouTube. Beda halnya dengan TikTok, pengguna bisa langsung merekam, mengedit, dan menambahkan sound serta filter dan stiker lucu tanpa harus melibatkan aplikasi lain.

Berikut 6 strategi cara promosi bisnis di TikTok agar usaha Anda mampu menarik lebih banyak calon konsumen.

Baca juga : 3 Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan

1. Buat Akun Bisnis

Agar kegiatan promosi berjalan lancar, buatlah akun bisnis di TikTok. Setelah mengunduh aplikasinya dan memasukkan data serta informasi yang diperlukan, langsung alihkan akun Anda ke akun bisnis. Pilihan ini ada di menu ‘Kelola Akun Saya’.

Pasang foto menarik, tulis bio singkat tentang usaha Anda, lalu sertakan link ke website toko online Anda.

2. Kenali TikTok Lebih Dalam

Style aplikasi sosial media ini tidak sama seperti Instagram yang kerap diselimuti nuansa estetik dan penuh gaya atau Facebook yang terkesan tua dan serius. TikTok dipenuhi oleh milenial dan generasi Z. Oleh karena itu, Anda harus pahami benar cara kerjanya dan jenis konten yang banyak diminati.

Ingat, TikTok identik dengan konten yang kreatif, bersemangat, dan jenaka. Kalau Anda ingin menampilkan cara promosi yang menarik dan lebih fresh, TikTok bisa menjadi tempat yang tepat.

3. Fokus pada Pembuatan dan Kualitas Konten

Siapa pun bisa buat konten yang akan mengantarkannya menjadi viral. Akan tetapi, kalau konten Anda biasa-biasa saja dan tak ada value yang diunggulkan, hampir bisa dipastikan bahwa calon pelanggan pun tidak akan merasa tertarik dengannya.

Buatlah konten semenarik dan semenyenangkan mungkin. Pelajari tiap konten yang trending dan viral. Cara ini penting agar konten Anda bisa membaur secara alami.

Baca juga : 3 Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan

4. Manfaatkan Filter, Effect, dan Sound (Lagu) yang Lagi Viral

Keunikan TikTok lainnya adalah bisnis online Anda bisa dikenal meskipun jumlah followers masih sedikit. Caranya yaitu dengan “menumpang” di filter, effect, dan sound yang sedang trending. Strategi ini dianggap cukup efektif untuk memperbanyak jumlah tayangan, mendatangkan followers baru, dan menaikkan engagement rate.

Hashtag challenge juga dinilai ampuh untuk mendongkrak penjualan. Misalnya, hashtag #samasamabelajar yang diprakarsai oleh TikTok dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia.

Perlu diingat, tidak semua yang sedang viral bisa dipakai. Jika tidak sesuai dengan konsep bisnis, jangan coba-coba untuk menerapkannya karena akan membuat konten Anda menjadi tidak relevan.

5. Bikin Hashtag Challenge

Sebelumnya kita sudah membahas cara promosi bisnis di TikTok menggunakan hashtag challenge yang sedang hype. Nah, kali ini Anda sendirilah yang membuat dan meluncurkannya. Tujuannya untuk mengundang TikToker memproduksi atau mereka ulang konten agar terbangun engagement dan interaksi.

6. Daftar TikTok Ads

Agar jangkauan bisnis lebih luas, manfaatkan jasa iklan TikTok. Berikut beberapa jenis iklan TikTok yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis:

  • Brand Takeover. Biasanya muncul begitu Anda membuka aplikasi, dengan tampilan yang memenuhi layar.
  • In-Feed Video. Muncul di For You Page (FYP) setelah Anda men-scroll dua hingga tiga video. Bedanya dengan Brand Takeover, jenis iklan ini bisa di-like dan dikomentari.
  • Branded AR Content. Iklan yang menggunakan filter atau stiker 2D/3D/AR (Augmented Reality) dengan nama brand Anda sendiri.
  • Hashtag Challenge. iklan yang muncul di halaman Discovery. Penggunaan hashtag sendiri diharapkan mampu mengajak TikToker untuk berpartisipasi dalam challenge tersebut.

Demikian beberapa strategi yang bisa anda gunakan untuk promosi bisnis melalui TikTok, semoga dapat membantu bisnis Anda. Jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Strategi Market Penetration yang Sering Digunakan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian