icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Punya 10 Orang Karyawan ? Wajib Membuat Peraturan Perusahaan
Siker.id | 06 Feb 2023 09:15


Bagikan ke
Peraturan Perusahaan (siker)

siker.id Walaupun Undang – undang ketenagakerjaan sudah lama menjadi acuan hukum dalam proses beroperasinya hubungan pekerja dengan perusahaan, namun belum semua perusahaan di Indonesia mentaati semua peraturan yang ada di dalamnya. Aturan hukum yang terkesan sepele namun menjadi kewajiban bagi perusahaan adalah Perusahaan yang mempekerjakan 10 karyawan wajib membuat Peraturan Perusahaan yang memuat sekurang-kurangnya : Hak dan kewajiban pengusaha, hak dan kewajiban karyawan, syarat Kerja serta Tata Tertib Perusahaan.

Menurut ketentuan pasal 188 Undang-undang No.13 tahun 2003 ditentukan bahwa perusahaan yang tidak memiliki atau membuat peraturan perusahaan atau perusahaan yang tidak mempebaruhi peraturan perusahaan yang sudah ada, dipidana denda paling sedikit Rp. 5 juta dan paling banyak Rp. 50 juta.

Dalam satu Perusahaan hanya boleh dibuat satu peraturan perusahaan yang berlaku bagi seluruh karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Namun jika suatu perusahaan Perusahaan memiliki cabang, maka selain dibuat Peraturan Perusahaan induk yang berlaku bagi semua Karyawan baik diperusahaan pusat maupun perusahaan cabang. Maka perusahaan cabang juga dapat membuat peraturan perusahaan turunan yang berlaku khusus bagi karyawan diperusahaan cabang tersebut, sesuai dengan kondisi dan keadaan masing perusahaan cabang tersebut. Peraturan perusahaan dicabang yang satu tidak dapat berlaku bagi karyawan dicabang yang lain.

 

Baca juga: Apakah Wajib Perusahaan Melakukan CSR ?

 

Sedangkan terhadap perusahaan yang tergabung dalam satu grup, dan masing-masing Perusahaan merupakan badan hukum yang berdiri sendiri-sendiri, maka peraturan perusahaan harus dibuat oleh masing-masing perusahaan itu sebagai badan hukum yang berdiri sendiri-sendiri, dan tidak dapat disatukan dalam satu peraturan perusahaan grup.

Tugas, wewenang dan tanggungjawab penyusunan peraturan perusahaan adalah merupakan tanggung jawab dari perusahaan, yang sebelum diajukan permohonan pendaftaran harus dimintakan saran dan pertimbangan dari wakil karyawan terhadap draft peraturan perusahaan tersebut. Karena sifatnya saran dan pertimbangan, maka Karyawan atau wakil karyawan dapat juga untuk tidak memberikan saran dan pertimbangan atas draft peraturan perusahaan tersebut meskipun telah diminta oleh perusahaan.

Pemilihan wakil karyawan dalam rangka memberikan saran dan pertimbangannya harus dilakukan dengan tujuan untuk mewakili kepentingan para karyawan. Pemilihan itu dilakukan secara demokratis, yaitu dipilih oleh Karyawan sendiri terhadap Karyawan yang mewakili setiap unit kerja didalam perusahaan. Apabila didalam perusahaan telah terbentuk Serikat Pekerja, maka saran dan pertimbangan tersebut diberikan oleh pengurus Serikat Pekerja yang ada.

 

Baca juga: Apa itu Legal Audit Perusahaan ? dan Apa Tujuannya ?

 

Untuk mendapatkan saran dan pertimbangan terhadap rancangan atau draft peraturan perusahaan dari wakil karyawan, maka pertama-tama perusahaan harus menyampaikan naskah rancangan atau draft peraturan perusahaan itu kepada wakil karyawan atau Serikat Pekerja. Saran dan pertimbangan tersebut harus sudah diterima kembali oleh perusahaan dalam waktu 14 hari kerja sejak tanggal diterimanya naskah rancangan peraturan perusahaan oleh wakil karyawan. Jika dalam waktu 14 hari kerja itu wakil Karyawan tidak memberikan saran dan pertimbangannya, maka Perusahaan sudah dapat mengajukan pengesahan peraturan perusahaan itu tanpa saran dan pertimbangan dari karyawan dengan disertai bukti bahwa perusahaan telah meminta saran dan pertimbangan dari wakil karyawan namun karyawan tidak memberikan saran dan pertimbangan terhadap naskah rancangan / draft peraturan perusahaan tersebut.

Masa berlakunya peraturan perusahaan paling lama adalah 2 (dua) tahun, sejak tanggal disahkan peraturan perusahaan tersebut oleh Dinas Ketenagakerjaan setempat. Dan setelah 2 (dua) tahun, maka peraturan perusahaan tersebut wajib diperbaharui kembali dan didaftarkan kembali kepada Dinas Ketenagakerjaan setempat.

Demikian artikel tentang aturan hukum bagi perusahaan yang mempekerjakan 10 karyawan wajib membuat peraturan perusahaan.

 

Baca juga: Apakah Perusahaan Harus Memiliki Lawyer External ?

 


Editor: Mochammad Naufal Zul Hilmi -

     

Komentar