4 Skill Penting bagi Security Engineer!
Siker.id | 07 Oct 2022 14:38


Bagikan ke
Skill penting bagi security engineer (siker)

siker.id – Kejahatan siber kini banyak terjadi seperti, pencurian data, skimming, atau pembobolan akun. Kejahatan siber tersebut merupakan perkara serius yang bila tidak ditangani akan mengakibatkan ketidakamanan pengguna atau user. Salah satu pihak yang menangani hal ini ialah security engineer.

Security Engineer merupakan seseorang yang memastikan informasi penting atau data dalam server tersimpan dengan baik. Tugas utama Security Engineer yaitu menerapkan dan memantau protokol keamanan komputer dan jaringan untuk melindungi data dari peretasan.

Ia juga menerapkan sistem deteksi gangguan, memasang firewall, dan terkadang berkolaborasi dengan ahli IT lainnya untuk memecahkan masalah keamanan.

Bila kamu tertarik menjadi seorang security engineer, kamu harus memiliki skill ini terlebih dahulu, ya, sobat siker!

Baca Juga: Skill yang Dibutuhkan Seorang UX Engineer

Paham dalam Pengodean

Skill pertama yang wajib kamu kuasai adalah emampuan coding terhadap sistem keamanan data informasi. Security Engineer dituntut aktif untuk mengidentifikasi dan mengurangi risiko keamanan lewat penemuan kode-kode rentan atau kedaluwarsa.

Selain itu, seorang Security Engineer juga harus memiliki pemahaman dan performa bagus dalam menulis kode. Kode dalam sistem keamanan diharapkan tidak hanya aman tetapi juga berskala ke sejumlah besar pengguna sistem tersebut secara menyeluruh.

Kemampuan Analisis dan Mitigasi Risiko

Skill kedua adalah kemampuan dalam analisis dan mitigasi risiko. Mengidentifikasi risiko sebelum terjadinya ancaman sangat berguna untuk meminimalisisasi kemungkinan kebocoran data.

Untuk itu, seorang security engineer diperlukan untuk dapat mengidentifikasi risiko, melacak risiko yang teridentifikasi, dan menemukan risiko baru selama pengembangan proyek.

Analisis ini membutuhkan sejumlah pandangan dan perhatian terhadap detail untuk memperkirakan jenis ancaman dan serangan yang dapat menimpa sistem.

Selain itu, analisis ini penting untuk memikirkan solusi yang diperlukan untuk mengurangi masalah secara efektif.

Baca Juga: 5 Skill Wajib bagi Para Cloud Engineer

Analisis dan Perbaikan Malware

Skill ketiga adalah analisis dan perbaikan malware. Penyusupan malware merupakan masalah yang serius bagi seorang security engineer. Dengan begitu, kamu harus tetap proaktif menggunakan pendekatan dan pengembangan keterampilan dalam manajemen ancaman digital.

Selain itu, sebagai security engineer kamu juga perlu memperkuat keterampilan dalam kelangsungan bisnis dan perencanaan pemulihan bencana siber.

Perusahaan harus dapat melakukan pemulihan segera setelah serangan siber dan melanjutkan bisnis. Oleh karena itu, keahlian dalam analisis malware diharapkan mampu meningkatkan keamanan data perusahaan.

Paham Cloud Security

Skill yang tak kalah penting adalah memahami cloud security. Saat ini, banyak perusahaan mengandalkan cloud sebagai tempat penyimpanan data. Akan tetapi, cloud rentan terhadap banyak serangan berbahaya seperti pembobolan data.

Memahami cloud security akan sangat menguntungkan bagi security engineer untuk menghindari pembobolan data melalui cloud.

Nah, itu tadi 4 Skill Penting bagi Security Engineer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa Jobdesc Seorang Sales Engineer? Begini Penjelasannya!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar