icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Skill Wajib bagi Para Cloud Engineer
Siker.id | 19 Sep 2022 16:08


Bagikan ke
Skill wajib bagi para cloud engineer (siker)

siker.id – Profesi di bidang IT nampaknya cukup menjanjikan. Pasalnya, digitalisasi semakin hari semakin berkembang. Nah, salah satu pekerjaan yang ada dalam bidang IT adalah cloud engineer. Apa itu cloud engineer? Siapakah mereka?

Dikutip dari ekrut.com, cloud engineer adalah profesional di bidang teknologi informasi yang bertanggung jawab atas tugas teknis terkait cloud computing atau komputasi awan. Cloud engineer secara teknis juga memiliki peran terhadap desain, perencanaan, manajemen, pemeliharaan, dan dukungan.

Cloud engineer juga memiliki beberapa profesi spesifik dalam teknis, yaitu cloud architect, cloud software engineer, cloud security engineer, dan network engineer. Pada umumnya, perusahaan yang memiliki posisi cloud engineer menerapkan layanan berbasis cloud pada pengolahan data maupun operasional teknologi mereka secara internal.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang cloud engineer, kamu harus menguasai beberapa skill ini. Simak pembahasannya di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: 3 Kelebihan Aplikasi Berbasis Cloud

Mempelajari Keamanan Sistem Cloud

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari sistem cloud. Skills keamanan sistem cloud menjadi pondasi utama yang harus kamu miliki ketika kamu ingin menjadi cloud engineering. Kegunaan keamanan sistem cloud berpengaruh besar untuk memastikan data dan sistem aman, memantau dan memperbaiki sistem keamanan yang terganggu, melacak sistem keamanan

Linux

Seorang cloud engineer juga membutuhkan pemahaman yang kuat tentang sistem operasi Linux. Hal ini dikarenakan sistem operasi ini sering digunakan perusahaan untuk pengembangan cloud. Cloud engineer harus memahami pemeliharaan, arsitektur, dan administrasi server dari Linux secara umum.

Pemrograman

Hal ketiga adalah skill pemrograman. Pastinya, seorang cloud engineer perlu kemampuan pemrograman untuk memperkuat sebuah sistem cloud computing. Pengetahuan di bidang pemrograman ini umumnya meliputi bahasa pemrograman, seperti SQL, Java, PHP, .NET, dan lain-lain.

Baca Juga: PROSPEK KERJA CLOUD ENGINEER

Ahli dalam Basis Data

Skill ketiga terkait dengan basis data. Kamu harus mulai mengetahui dan mempelajari cara kerja serta manajemen basis data cloud, seperti mempelajari bahasa kueri seperti MySQL yang sangat berguna untuk menjadikanmu sebagai cloud engineer profesional.

Kontainerisasi & Virtualisasi

Skill selanjutnya yang perlu dimiliki seorang cloud engineer yakni, skill menggunakan alat kontenerisasi, seperti Kubernetes dan Docker. Selain itu, seorang cloud engineer juga perlu memiliki kemampuan untuk menjalankan dan menyebarkan aplikasi perangkat lunak pada mesin virtual.

Nah, itu tadi 5 Skill Wajib bagi Para Cloud Engineer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pelajari 6 Skill Ini Jika Ingin Menjadi Backend Developer!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar