Apa Jobdesc Seorang Sales Engineer? Begini Penjelasannya!
Siker.id | 15 Sep 2022 15:17


Bagikan ke
Jobdesc seorang sales engineer (siker)

siker.id – Pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi kini banyak diminati. Salah satu pekerjaan tersebut adalah sales engineer. Apa itu sales engineer? Sales engineer merupakan orang yang menjual produk teknologi baik barang maupun jasa. Umumnya perusahaan teknologi menjual software maupun program. Sedangkan, perusahaan manufaktur dan lainnya menjual produk fisik pabrikan.

Nah, selain menjual produk teknologi, sales engineer juga memiliki pekerjaan lain, lho? Apa saja? Simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Tips Menjadi Sales Hebat!

Menganalisa Kebutuhan Klien

Salah satu tugas seorang sales engineer adalah menganalisis kebutuhan klien. Ya, sales engineer akan melakukan diskusi bersama tim teknis atau user. Dalam diskusi tersebut, sales engineer menilai kebutuhan peralatan, serta menentukan persyaratan yang dibutuhkan. Dari situlah sales engineer akan menganalisa apa saja kebutuhan klien.

Presentasi Produk

Jobdesc selanjutnya adalah melakukan presentasi produk. Dalam menjelaskan tentang produk yang ditawarkan, sales engineer melakukannya melalui presentasi. Tugas ini cukup berbeda dengan sales pada umumnya yang cukup memberikan informasi hanya dengan mengobrol saja. Sebab sales engineer juga harus menjelaskan demo atau cara menggunakan produk yang ditawarkan.

Baca Juga: 6 Pekerjaan yang Masuk Kategori International Sales

Mengembangkan Produk Baru

Tugas lain yang diemban sales engineer adalah meneliti serta mengembangkan produk baru, seperti diantaranya dengan melakukan inovasi dari produk sebelumnya untuk menciptakan produk yang lebih baik dan efisien.

Memberi Solusi Masalah pada Bidang Teknis

Sales engineer juga memiliki tugas untuk memberi solusi masalah pada bidang teknis yang dialami klien. Sales engineer diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan, kendala maupun kebutuhan khusus yang dialami klien dengan bantuan tim teknis.

Nah, itu tadi jobdesc seorang sales engineer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Keuntungan Memakai Metode Sales Canvasing


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar