icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini Lho Beberapa Prospek Karier Industri Broadcasting
Siker.id | 06 Oct 2022 14:00


Bagikan ke
Ini Lho Beberapa Prospek Karier Industri Broadcasting (siker)

siker.id - Prospek karir industri broadcasting sangatlah beragam karena broadcasting merupakan industri yang besar.

Nah, apa saja sih jenis karier di industri broadcasting?

Baca Juga : 5 Skill yang Harus Dimiliki Broadcaster

Simak penjelasan berikut ya!

1. Wartawan

Prospek karier industri broadcasting yang pertama yaitu wartawan. Mengumpulkan berita melalui wawancara, eiset, dan menganalisis suatu data untuk disajikan kepada publik merupakan tugas dari seorang wartawan.

Selain itu, tugas utama dari seorang wartawan yaitu menulis, menyunting, atau mengambil foto dan video.

2. Produeser

Prospek karier industri broadcasting yang kedua yaitu produser. Produser memiliki tanggung jawab untuk mengawasi hampir seluruh komponen dalam sebuah tayangan acara, mulai dari lighting, property, set, script, talent, hingga sound.

Selain itu koordinasi dengan staff produksi dan pembawa acara juga produser lakukan untuk memastikan acara dapat berjalan dengan lancer dan sesuai dengan rencana.

Baca Juga : 5 Prospek Kerja Lulusan Sastra Jerman

3. Pembawa acara

Prospek karier industri broadcasting yang ketiga yaitu pembawa acara. Pembawa acara memiliki tugas untuk menganalisis, menginterpretasi, dan menyajikan berita yang telah disususn reporter serta sumber lain.

Pembawa acara menyajikan berita dengan membaca teks dan mejelaskan hasil liputan dari berbagai lokasi. Kamu bisa menjadi pembawa acara berita pada umumnya atau bisa juga untuk acara olahraga.

4. Operator kamera

Prospek karier industri broadcasting yang keempat yaitu operator kamera. Operator kamera memiliki tugas untuk mengambil video untuk ditayangkan, tak hanya dilakukan di dalam studio, akan tetapi juga di lapangan seperti pada saat siarang langsung.

5. Sound engineer

Prospek karier industi broadcasting yang kelima yaitu sound engineer. Sound engineer memiliki tugas untuk merekam audio, menambahkan sound effect, dan mengoperasikan peralatan suara. Selain itu, pada saat acara live mereka juga membantu mengatur perlatan seperti mic, speaker, dan alat lain yang diperlukan.

Nah, itu tadi beberapa prospek karier industry broadcasting.

Jangan lupa like, komen, dan share ya sobat siker.

Baca Juga : 4 Prospek Kerja Lulusan Sastra Belanda

 


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar