Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia
Siker.id | 30 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Menjadi mahasiswa sastra Indonesia pasti terkenal dengan ke romantisannya akan puisi-puisi cintanya, padahal jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup banyak dan menjanjikan, lho. Sastra Indonesia adalah salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Budaya, dimana jurusan ini mempelajari bahasa Indonesia lebih mendalam dan juga karya sastra dari penulis ternama di Indonesia.

Jika kamu adalah orang yang menyukai membaca dan menulis, jurusan ini sangat tepat untuk kamu. Lalu, apa saja peluang kerja untuk jurusan sastra Indonesia? Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

1. Penulis Novel Atau Cerpen Sastra

Jika kamu suka menulis dan membaca novel sastra, ada baiknya masuk jurusan ini agar kelak menjadi seorang penulis novel. Buku Kamu juga berkesempatan jadi buku best seller dan terjual dalam jumlah yang banyak. Penghasilan yang didapatkan penulis berasal dari penjualan buku hasil karyanya. Semakin banyak terjual, semakin banyak gaji yang didapatkan. Adapun perkiraan gajinya yaitu sekitar Rp2.000.000 per bulan.

2. Jurnalis

Kamu bisa melamar kerja di perusahaan media cetak, elektronik, ataupun media online. Untuk bisa menjadi jurnalis, kamu perlu memiliki kemampuan yang bagus dalam menulis berita. Gaji seorang jurnalis tidak bisa dibilang tinggi. Meskipun demikian, nominalnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari. 

Baca juga : Prospek Kerja Lulusan STSN

3. Penulis Script Film

Selama kuliah, kamu mendapat materi penulisan naskah drama atau jenis pementasan lainnya. Kalau kamu merasa memiliki kemampuan yang bagus dalam hal ini, kamu bisa berkarir sebagai penulis naskah film atau naskah sinetron.

Profesi ini tidak hanya seru, namun juga memiliki gaji yang lumayan. Kamu bisa mendapatkan gaji hingga Rp20.000.000 per bulan. Untuk naskah sinetron, kamu bisa dibayar per naskah yang kamu hasilkan.

4. Artis Atau Pemeran Drama

Untuk kamu yang mahir seni peran, suka bermain drama, mudah menghapal naskah, pekerjaan ini tentu akan sangat menarik bagi kamu, apalagi jika kamu bisa menjadi salah satu pengisi industri hiburan di tanah air. Adapun gaji profesi ini mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

Demikian di atas tadi beberapa peluang kerja untuk kamu lulusan sastra Indonesia, menarik bukan? Selain itu. kamu juga bisa mennjadi seorang editor, guru dan juga dosen. 

Sekian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : Prospek Kerja Lulusan PIP


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar