icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Aplikasi Sistem KPI Wajib Digunakan Perusahaan, Baca Ini !
Siker.id | 25 Nov 2021 19:15


Bagikan ke

siker.id - Key Performance Indicators (KPI) adalah langkah-langkah terukur yang umumnya dilakukan Perusahaan dalam mengukur kinerja personel ataupun Perusahaan secara utuh dari waktu ke waktu.

Key Performance Indicators (KPI) memiliki peran penting bagi kemajuan sebuah perusahaan. Karena dituntut memiliki visi dan misi yang jelas serta langkah praktis untuk merealisasikan tujuan.

Karena Key Performance Indicators (KPI) merupakan alat ukur performa kinerja sebuah perusahaan, maka Key Performance Indicators (KPI) harus mencerminkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Artinya, setiap Perusahaan bisa jadi berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga: Berikut Alasan Banyaknya Karyawan Memilih Resign

Sistem KPI memudahkan HRD untuk melacak kondisi dan perkembangan kinerja karyawan. Dengan begitu HRD sedari dini dapat mengidentifikasi masalah yang mengancam kinerja, sehingga masalah dan hambatan bisa diminimalisir atau diatasi secepatnya. Hal ini dapat memperlancar jalannya operasional perusahaan dan menjaga kualitas output. Di bawah ini adalah beberapa alasan lain mengapa perusahaan harus menggunakan sistem KPI:

Di bawah ini adalah beberapa alasan l mengapa perusahaan harus menggunakan sistem aplikasi KPI:

1. Melacak kegiatan dan kinerja anggota tim

Tujuan utama dari aplikasi KPI tentu saja untuk melacak kinerja tiap anggota tim dan seluruh kegiatan yang mereka lakukan. Anda dapat dengan mudah mengetahui jumlah deals yang sedang terjadi, berapa jumlah tugas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim, dan sebagainya.

2. Menciptakan Pembelajaran yang Kondusif

Mampu mengukur target menggunakan KPI dapat menciptakan suasana edukatif dalam perusahaan Anda. Saat manajer dan HRD menemukan bahwa kinerja karyawan tak sesuai dengan KPI, manajer dapat mengadakan brainstorming atau diskusi dengan tim terkait untuk mempelajari dan memecahkan bagaimana menyelesaikan hambatan tersebut. Hal ini adalah kesempatan bagus bagi perusahaan untuk menciptakan kebiasaan pembelajaran melalui contoh kasus yang nyata. Karyawan bisa lebih kritis dan paham bagaimana menentukan arah di periode mendatang.

3. Meningkatkan Budaya Kerja

Motivasi karyawan dan kepuasan kerja sangat penting untuk meningkatkan kinerja. Seringkali sulit untuk memotivasi tim ketika target yang ditetapkan tidak begitu jelas. Sistem KPI bisa bermanfaat dalam memotivasi karyawan. Karyawan dapat dengan jelas memahami dan mempelajari apa yang harus dicapai guna memperbaiki kinerja. Karyawan juga dapat menggunakan informasi ini untuk mendiskusikan pekerjaan dengan rekan, memberikan feedback, dan memotivasi rekan lainnya yang belum memenuhi target. Pada akhirnya kepuasan kinerja pun akan terpenuhi.

4. Memperbaiki fokus perusahaan

Tampilan menyeluruh terhadap data perusahaan pada aplikasi key performance indicators membuat tim Anda lebih fokus pada indikator yang paling penting. Hal ini membantu untuk menyesuaikan proses bisnis terhadap tujuan yang ingin dicapai.

Baca juga: Cara Sukses Menjadi Seorang Kontraktor, Selengkapnya

5. Mengukur Kinerja dan Target

KPI bukanlah tujuan atau target perusahaan itu sendiri, tetapi KPI adalah ukuran dari tujuan dan target. Misalnya, jika tujuan perusahaan Anda adalah menjual sejumlah produk setiap bulan, sistem KPI perusahaan akan menunjukkan seberapa dekat atau jauh dari mencapai target tersebut. KPI perusahaan tersebut menunjukkan bahwa tim penjualan hanya menghasilkan 20% dari jumlah prospek target penjualan yang diinginkan. HRD dan manajer dapat memantau mengapa tim penjualan tidak dapat memenuhi target tersebut dan akan mengkaji ulang apakah tujuan yang ditetapkan realistis atau tidak.

Nah, sekarang perusahaan anda sudah memahami bagaimana pentingnya KPI dan menggunakan aplikasi KPI, bukan? Selain perusahaan harus merumuskan KPI yang tepat, perusahaan juga harus memilih aplikasi yang cocok dengan perusahaan.

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Lebih Baik Daripada Wiraswasta

 


Editor: Bagus -

     

Komentar