icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Alasan Karyawan Lebih Baik Daripada Wiraswasta
Siker.id | 26 Nov 2021 10:00


Bagikan ke
Banyak yang memilih menjadi karyawan sebelum mereka beralih menjadi seorang wiraswasta karena beberapa faktor. (siker)

siker.id - Ada yang beranggapan bahwa jadi pegawai itu tidak enak. Gaji kecil, tuntutan kerja sangat besar namun tak sebanding. Lebih baik jadi pengusaha saja, uangnya akan jauh lebih banyak dan bekerja tidak terlalu lama seperti pegawai kantoran. Secara pendapatan, seorang pengusaha tidak memiliki batas minimal atau batas maksimal. Namun, bagi Anda yang saat ini merupakan seorang pegawai atau karyawan kantor tak perlu berkecil hati. Sebab, ada sejumlah keuntungan dan sisi positif dari bekerja sebagai pegawai kantor. Berikut alasan mengapa menjadi karyawan lebih baik daripada wiraswasta!

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Mengalami Stres Kerja?

1. Penghasilan yang Lebih Pasti

Ketika memutuskan menjadi bos bagi diri sendiri, Anda mungkin bisa memperoleh pendapatan finansial yang luar biasa. Namun, bisa juga sebaliknya. Alih-alih memperoleh penghasilan yang cukup, Anda juga bisa mengalami kerugian yang terus-menerus. Berbeda jika Anda memilih menjadi seorang profesional. Penghasilan yang lebih pasti bisa Anda peroleh dengan periode yang pasti pula, misalnya sebulan sekali. Beberapa pengagung usahawan memang menganggap gaji sebagai seorang karyawan sulit berkembang secara drastis. Akan tetapi, ingatlah ini jauh lebih baik daripada rugi yang terus menerus.

2. Belajar dari Yang Lebih Berpengalaman

Ketika terburu-buru menjadi seorang wiraswasta agar tidak perlu diperintah orang lain, Anda mengabaikan suatu fakta bahwa terkadang pengalaman lebih dibutuhkan dibandingkan keahlian setinggi apapun. Dengan pengalaman yang cukup, Anda bisa memiliki beberapa pilihan sebagai solusi untuk menghadapi sebuah masalah. Menjadi seorang profesional akan membuat Anda lebih dekat dengan pengalaman tersebut. Tidak hanya pengalaman diri sendiri, Anda pun bisa belajar banyak dari orang-orang di kantor Anda yang jauh lebih berpengalaman.

3. Tentunya Memiliki Gaji stabil

Semua pegawai atau karyawan setiap bulannya atau mingguan pasti mendapat penghasilan pasti, selama kita bekerja di kantor, toko, instansi atau dimanapun kita dipekerjakan pastinya kita ga perlu cemas mengenai pemasukan pendapatan kita. Entah pekerjaan banyak atau sedikit, omset tempat kita bekerja sedang naik/turun, kita tidak perlu khawatir karena kita pasti akan digaji setiap bulannya atau setiap minggu bagi yang menerima upah mingguan.

Baca juga: Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur

4. Jaminan Kesehatan ditanggung

Di Indonesia mengeluarkan undang-undang tentang jaminan kesehatan bagi tenaga kerja. Sebagai pegawai atau buruh yang dipekerjakan kita mendapat jaminan kesehatan dari tempat kita bekerja. Walau memang tidak semua tempat kita bekerja menerapkan hal ini, biasanya ini diterapkan di perusahaan yang sudah berbadan hukum. Tetapi jika bekerja di toko, home industri tidak semua menerapkan jadi tergantung kebijakan pemilik usaha tersebut.

5. Memiliki Waktu pribadi lebih banyak

Sebagai orang yang dipekerjakan tentu memiliki waktu yang sudah ditentukan berapa jam kita harus bekerja selebihnya akan disebut lembur. Karena jam kerja sudah diatur maka kita memiliki waktu pribadi lebih banyak. Kita bisa mengajukan cuti jika ingin liburan.

Sekian artikel tentang keuntungan jadi karyawan dibanding wiraswasta. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini


Editor: Theo Adi -

     

Komentar