6 Keterampilan Wajib untuk Seorang Public Relations
Siker.id | 30 Aug 2022 14:18


Bagikan ke
Keterampilan wajib untuk seorang public relations (siker)

siker.id – Menjadi seorang public relations (PR) tentu membutuhkan beberapa keterampilan. Salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki PR adalah skill komunikasi. Ya, seorang PR akan dituntut untuk mampu mengomunikasikan maksud, tujuan, dan informasi penting kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Untuk itu, PR harus memahami dan menguasai keterampilan yang satu ini agar pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan, lembaga atau institusi dapat tersalurkan dengan baik serta tidak menimbulkan keambiguan.

Selain komunikasi, seorang PR juga harus memiliki keterampilan lain. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Kesalahan Besar Dalam Melakukan Public Speaking

Membina Relasi

Keterampilan pertama yang perlu kamu kuasai adalah mebina relasi. Sebuah perusahaan atau organisasi pasti menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Ada pihak eksternal seperti konsumen, investor, komunitas, klien, media, pemerintah, dan lainnya. Dan tentunya juga pihak internal perusahaan itu sendiri.

Seorang PR harus bisa membangun dan membina hubungan baik dan saling menguntungkan dengan pihak-pihak tersebut. Karena pihak internal dan eksternal ini sama-sama penting bagi perusahaan.

Manajemen Waktu

Keterampilan selanjutnya adalah manajemen waktu yang baik. Public relations memiliki banyak aktivitas, baik di dalam kantor maupun di lapangan. Menemui banyak pihak yang bekerja sama dengan perusahaan, atau meng-handle beberapa proyek perusahaan. Oleh sebab itu, manajemen waktu yang baik sangat penting.

Selain agar semua pekerjaan terselesaikan dengan baik, tentu agar kamu nggak cepat terkena burnout. Semua aktivitas yang dilakukan PR berpengaruh terhadap citra perusahaan.

Public Speaking

Keterampilan selanjtnya yang tak boleh dilewatkan adalah skill public speaking. Public speaking juga merupakan skill penting seorang public relations. Ingat, kamu akan dituntut berbicara di depan publik atau media. Untuk itu, kamu harus menguasai skill public speaking ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Film Bertema Public Speaking yang Bisa Ditonton

Kemampuan Menulis

Selanjutnya adalah kemampuan menulis. Menjadi seorang praktisi PR diharuskan memiliki kemampuan menulis baik untuk eksternal maupun internal audiens. Bahkan saat ini, PR profesional diminta untuk bisa melakukan lebih dan lebih lagi. Hal ini termasuk menulis untuk audiens eksternal dengan metode PR tradisional.

Kreatif

Keterampilan berikutnya yakni, memiliki kreativitas. Kreativitas adalah komponen yang paling penting dari sukses tidaknya sebuah brand, produk maupun perusahaan. Berprofesi sebagai PR berarti dituntut untuk harus penuh dengan gagasan atau ide-ide cemerlang serta kreatif. Untuk itu, seorang PR harus memiliki wawasan yang luas.

Keterampilan Riset

Keterampilan terakhir yang juga penting adalah kemampuan dalam meriset sesuatu. Seorang PR perlu menjadi peneliti yang baik untuk dapat berkomunikasi secara akurat dan otoritatif mengenai suatu subjek, sehingga sains atau lulusan sejarah, misalnya, akan ditempatkan dengan baik untuk memberikan keterampilan ini.

Nah, itu tadi 6 Keterampilan Wajib untuk Seorang Public Relations yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Kiat Sukses Menjadi Public Speaker yang Baik


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar